Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB P2) Terhadap Peningkatan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Studi Pada Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya)

Saputro, Rudi (2014) Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB P2) Terhadap Peningkatan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Studi Pada Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lahirnya UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah telah merubah sistem pengelolaan PBB sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2). PBB P2 yang mulanya merupakan pajak pusat yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP), mulai tahun 2011 telah dilimpahkan ke daerah, dimana hasil penerimaan dari PBB P2 tersebut 100% menjadi milik daerah. Kota Surabaya merupakan pilot project atau kota pertama yang menerima pengalihan PBB P2, sehingga penting untuk mengetahui tingkat efektivitas penerimaan PBB Kota Surabaya selama ini. Efektivitas merupakan salah satu ukuran untuk mengetahui kinerja organisasi berdasarkan realisasi penerimaan dengan target yang ditetapkan. Semakin besar tingkat efektivitas yang diperoleh maka semakin baik kinerja organisasi tersebut. Demikian sebaliknya, semakin kecil tingkat efektivitas, maka kinerja organisasi tersebut kurang maksimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Fokus penelitian yang dilakukan adalah pada tingkat efektivitas penerimaan PBB Perkotaan Surabaya tahun 2009-2013, kontribusi PBB Perkotaan Surabaya, laju pertumbuhan PBB Perkotaan dan laju pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD), potensi PBB Perkotaan, kendala dan upaya optimalisasi penerimaan PBB Perkotaan Surabaya yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan (DPPK) Kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat efektivitas penerimaan PBB Perkotaan Surabaya pada saat dikelola oleh DJP (2009-2010) menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan pada saat PBB Perkotaan Surabaya dikelola oleh DPPK Kota Surabaya (2011-2013). Rata-rata tingkat efektivitas penerimaan tahun 2009-2010 sebesar 86,45% dengan kriteria nilai interpretasi cukup efektif, sedangkan rata-rata tingkat efektivitas penerimaan PBB Perkotaan Surabaya tahun 2011-2013 sebesar 76,38% dengan kriteria nilai interpretasi kurang efektif. Kontribusi PBB Perkotaan terhadap Pajak Daerah dan PAD selama tiga tahun (2011-2013) mengalami penurunan. Rata-rata kontribusi yang diberikan sebesar 31,10% dan 24,99%. Laju pertumbuhan PBB Perkotaan dan laju pertumbuhan PAD Kota Surabaya selama lima tahun (2009-2013) mengalami fluktuatif. Rata-rata laju pertumbuhan tersebut sebesar 16,66% dan 33,43%. Potensi penerimaan PBB Perkotaan Surabaya tahun 2014-2016 selalu mengalami peningkatan. Berdasarkan hal tersebut DPPK Kota Surabaya sudah seharusnya bekerja lebih maksimal untuk mengoptimalkan penerimaan dari sektor PBB Perkotaannya.

English Abstract

UU Number 28 year 2009 was born to change the system to collect Land and Building Tax in Village and City urban sector. It has begun as kind of centre tax that run by Directorate General of Taxes, since 2011 it has given to the local region where is the revenue of Land and Building Tax is belong to region totally 100%. Surabaya is one of pilot project where implying the new regulation so that is importantly to know how far the effectiveness of Land and Building Tax revenue in Surabaya. Effectiveness is one tools to know the work performance based on revenue realization with the target that has been made. High effectiveness that received will have good work performance in that organization. Thus, low effectiveness so that work performance is not maximum. This research used descriptive research. The focus of this study that is done is the effectiveness of Land and Building Tax in City revenue in Surabaya period 2009-2013, contribution of Land and Building Tax, growing rate of Land and Building Tax and growing rate of local income. The potential of Land and Building Tax in City urban, the obstacle and an effort to optimize Land and Building Tax revenue in Surabaya that is done by Department of Local Revenue and Financial Management Surabaya. The result of this study showed the average effectiveness of Land and Building Tax revenues which is handled by Directorate General Taxes is upper hand. The average effectiveness of Land and Building Tax revenue is amounted to 86,45% for 2009-2010 with the requirement of interpretation score is effective enough, mean while the average effectiveness of Land and Building Tax revenue in Surabaya is amounted to 76,38% for 2011-2013 with the requirement of interpretation is less effective. The contribution Land and Building Tax to local tax and local revenue for 3 (three) year is decrease period of 2011-2013. The average contribution is amounted to 31,10% and 24,99%. Growth rate of Land and Building Tax and local revenue for 5 (five) year is fluctuated. The average of growth in Land and Building Tax and local revenue in the amount of 16,66% and 33,43%. The potential of Land and Building Tax in Surabaya is always increase for 2014-2016. Based on that, DPPK Surabaya should work hard to optimize the local revenues come from Land and Building Tax in City sector.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/550/051407192
Uncontrolled Keywords: Pajak Bumi dan Bangunan Kota Surabaya, PBB Perkotaan, Pendaerahan PBB P2; Land and Building Tax Surabaya, Land and BuildingTax in City, Land and Building Tax Decentralised
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.22 Real property taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Nov 2014 09:50
Last Modified: 19 Nov 2021 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116668
[thumbnail of SKRIPSI_-_RUDI_SAPUTRO.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_RUDI_SAPUTRO.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item