Kesesuaian Penataan Lahan Kawasan Perkotaan Berbasis Rencana Tata Ruang Wilayah dalam Upaya Menata Ruang Hidup yang Produktif dan Berkelanjutan, (Studi pada Kecamatan Bumiaji Kota Batu)

Atmam, Hendra (2014) Kesesuaian Penataan Lahan Kawasan Perkotaan Berbasis Rencana Tata Ruang Wilayah dalam Upaya Menata Ruang Hidup yang Produktif dan Berkelanjutan, (Studi pada Kecamatan Bumiaji Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bermula dari semakin pesatnya pertumbuhan berbagai aktivitas manusia dalam penggunaan lahan yang akan memunculkan permasalahan dan tantangan dalam pembangunan kawasan perkotaan. Maka pemerintah kota selalu dihadapkan pada pengelolaan dalam membangun struktur dan pola ruang kotanya diharuskan memberi jawaban dari masalah dan tantangan di kotanya demi terwujudnya pembangunan yang produktif dan berkelanjutan, diperlukan pula perencanaan dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sebagai pedoman penataan dan pengendalian pemanfaatan lahan guna mengurangi terjadinya penyimpangan penggunaan lahan sehingga akan memberikan dampak positif terhadap aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik analisis data model interaktif. Penelitian ini berfokus pada kesesuaian antara upaya Pemerintah dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Batu dalam penataan lahan pada kawasan kota yang dirinci mulai dari kondisi penggunaan lahan di Kecamatan Bumiaji yang diperuntukkan bagi pengembangan kawasan agropolitan, wisata alam dan agrowisata, serta Rencana dan upaya pemerintah kota dalam Penataan lahan di Kecamatan Bumiaji yang bertujuan untuk mendukung pengembangan kawasan agropolitan,wisata alam dan agrowisata berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Batu 2010-2030, dan berfokus pada dampak ekonomi, sosial dan lingkungan dari penggunaan lahan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya-upaya Pemerintah Kota Batu dalam penataan lahan yang produktif dan berkelanjutan di Kecamatan Bumiaji dilaksanakan berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Batu tahun 2010-2030 yaitu merencanakan peruntukkan lahan dengan memusatkan wilayah pengembangan sektor pertanian, wisata alam, dan lingkungan serta agrowisata, melaksanakan arahan pengendalian pemanfaatan lahan berupa aturan zonasi dan memberikan insentif, disinsentif dan sanksi bagi pengguna lahan. sehingga dengan adanya upaya pemerintah dan sesuai dengan RTRW Kota Batu berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat dan daerah, kesempatan kerja dan mobilisasi sosial dan terjaganya daya dukung lingkungan dari bencana alam yang mungkin terjadi, terkait hal itu saran yang diberikan yaitu diperlukannya optimalisasi peran stakeholders dalam proses pengendalian penggunaan lahan dan pemberian sanksi tegas oleh Pemerintah Kota Batu terhadap penyimpangan penggunaan lahan serta diperlukan konsistensi Pemerintah Kota Batu dalam pemanfaatan lahan yang berdasarnya Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) .

English Abstract

This research start from the growth of activities of human being in using of land is fast so it will make problem and effect in built town area, so the government of town is always faced up with handling in built the structure and the space model of town have answer of the problem and effect in the town to make a real the productive and sustainable development is needed a planning and spatial plan as a guide in system and handling in using land to decrease the deviation land so it will give positive effect to economy aspect, sosial, and environment. The method of this research is descriptive qualitative and used data anilyze in interactive model. This research focus on suitability between the effort of government in spatial plan of Batu City land productivity in Bumiaji for the development of agropolitan, touring and agrotourism, and the government of city planning in using land in Bumiaji to intend supporting the development in agropolitan, touring, and agrotourism, based on spatial plan of Batu City 2010-2030 and focus on effect in economy, social and environment in using land. The summary of result for this research is the effort of the Batu city government in development productive land and sustainable in Bumiaji held in based on the spatial plan of Batu City in (2010-2030) that’s effort for centre development territory in agriculture, tourism, environment, and agrotourism, to do some guiding used space field zone and give insentive anddisentive and punishment for using field. for the government planned and RTRW Batu town had effect in increasing income in society and region, there are work land will be much and social mobilitation and have a protection in natural disaster that can be happen someday. About that problem, the suggestion given are the need for optimizing the role of stakeholders in process of controlling land use and the provision of strict punishment by Government of Batu City against misuse of land, and consistency Government of Batu city in land use that based Spatial Plan. Key word : plan, handling, land model system, town, RTRW, productive, sustainable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/522/051407046
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Oct 2014 14:46
Last Modified: 08 Oct 2014 14:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116639
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item