Analisis Sistem Dan Prosedur Pemberian Kredit Usaha Rakyat Dalam Upaya Pengendalian Intern

Fatiah, SoniaDwi (2014) Analisis Sistem Dan Prosedur Pemberian Kredit Usaha Rakyat Dalam Upaya Pengendalian Intern. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangnya sektor usaha dalam bentuk perdagangan tidak akan terlepas dari dana atau modal yang diperlukan. Pada saat sekarang sektor usaha kecil yang mempunyai eksistensi tinggi dalam perkembangan dunia usaha. Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha kecil adalah keterbatasan dana untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Sukun adalah salah satu unit bank di Kota Malang yang menyediakan produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk membantu mengembangkan usaha kecil dengan pinjaman maksimal 20.000.000. KUR merupakan program yang diselenggarakan pemerintah dan kredit tersebut akan memperoleh penjaminan dari perusahaan penjamin kredit. Oleh karena itu dalam pemberian dan pengawasan KUR diperlukan pengendalian intern yang baik agar kegiatan operasional dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban dari suatu permasalahan yaitu untuk mengetahui kebijakan pemberian Kredit Usaha Rakyat pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Unit Sukun, untuk mengetahui sistem dan prosedur pemberian Kredit Usaha Rakyat pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Sukun, dan untuk mengetahui pengawasan terhadap pemberian Kredit Usaha Rakyat pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Sukun, Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Fokus dalam penelitian ini adalah Struktur Organisasi, Prosedur Pemberian KUR, Pengawasan KUR, serta Unsur Pengendalian Intern yang sudah diterapkan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Sukun, Malang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan adanya perangkapan fungsi yang terjadi pada bagian mantri. Mantri merangkap sebagai penyurvei di lapangan, analisis kredit dan penagihan kredit. Pada saat pengajuan kredit juga belum disediakan lembar checklist untuk mempermudah pemenuhan syarat pengajuan kredit oleh nasabah dan dapat memudahkan dalam pemeriksaan ulang kelengkapan berkas. Surat Keterangan Permohonan Pinjaman (SKPP) masih berupa buku dan pada buku tersebut berisikan nasabah-nasabah yang mengajukan kredit tidak khusus untuk satu nasabah saja. Proses dokumen yang berjalan kurang memadai dilihat pada saat kredit tidak dapat diproses atau kredit ditolak masih belum ada surat keterangan penolakan kredit yang disertai dengan alasan penolakan kredit. Hasil penelitian pada pengawasan kredit juga ditemukan bahwa Kepala Unit (Ka. Unit) belum ikut serta dalam pengawasan dan pembinaan kredit secara langsung di lapangan. Mantri juga masih menerima uang pada saat iv melakukan penagihan yang akan menimbulkan penyalahgunaan uang untuk angsuran kredit. Sebaiknya pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Sukun, Malang dapat memisahkan perangkapan fungsi pada mantri yang seharusnya mantri bertugas untuk mencari nasabah yang ingin mengajukan kredit, survey, dan penagihan, sedangkan analisis kredit dapat dilakukan oleh bagian Custmer Service (CS) pada saat berkas sudah disurvei oleh mantri. Analisis yang dilakukan CS bertujuan agar tidak terjadi tumpang tindih dengan fungsi-fungsi yang terkait. Pada saat nasabah ingin mengajukan kredit, sebaiknya CS membuat lembar checklist untuk mempermudah nasabah dalam melengkapi berkas-berkas pengajuan kredit. Surat Keterangan Permohonan Pinjaman juga berbentuk lembaran yang berisikan satu nasabah yang mengajukan kredit dan dapat dimasukkan menjadi satu dengan berkas nasabah. Pada saat kredit tidak dapat diproses sebaiknya membuat surat penolakan kredit yang berisikan alasan kredit tidak dapat diproses. Saat Pengawasan kredit sebaiknya Ka. Unit ikut terjun langsung dalam pengawasan kredit dan pembinaan kepada nasabah yang bersangkutan. Dilihat dari banyaknya nasabah yang mengajukan kredit sebaiknya Ka. Unit melakukan sampling pada nasabah KUR. Pada saat penagihan kredit, sebaiknya mantri tidak menerima uang angsuran yang seharusnya uang angsuran tersebut diterima oleh bagian teller.

English Abstract

The development of the business sector in the form of trade will not be separated from the fund or the capital required. At the present time the small business sector, which has a higher existence in the business world. The problem faced by small businesses is the lack of money for developing owned businesses. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Sukun is one unit of the bank in Malang which provide the Kredit Usaha Rakyat (KUR) to help develop small businesses with a maximum loan of 20,000,000. KUR is a program organized by the government and the loan company will obtain the assurance of a loan guarantor. Therefore, in the provision and supervision necessary KUR good internal control operations in order to run well. This research aim to obtain an answer from a problem is to determine the policy of the Kredit Usaha Rakyat at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Unit Sukun, systems and procedures to determine the Kredit Usaha Rakyat at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Sukun, and to determine the supervision of the Kredit Usaha Rakyat at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Sukun, Malang. The method used in this research is the descriptive research method. The focus in this research is the Organizational Structure, Giving Procedure KUR, KUR Supervision, and Internal Control element that has been applied to the PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Sukun, Malang. Based on the results of the study found that a number of functions that occur in the Account officer. Account Officer serves as surveyors in the field, credit analysis and credit billing. At the time of credit submission sheet has not provided a checklist to facilitate compliance by the customer credit application and can facilitate the re-examination of the completeness of the file. Surat Keterangan Permohonan Pinjaman (SKPP) is still in the form of books and in the book containing customers who apply for credit is not specific to one customer only. The process runs inadequate documents seen by the time the credit can not be processed or rejected credit is still no rejection letter of credit, along with the reasons for refusal of credit. The results of the research also found that credit monitoring Head Unit (Ka. Units) have not participated in the supervision and guidance in the field of credit directly. Account officer also still receive money at the time of billing that will lead to misuse money for installment credit. Should be at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Sukun, Malang concurrently can separate the functions of account officers should account officer responsible for finding customer who want to apply for credit, surveys, and billing, while credit analysis can be performed by the Customer Service (CS) on when the file has been surveyed by the account officer. Analysis conducted CS vi aims to avoid overlap with related functions. By the time the customer wants to apply for credit, the CS should make a checklist sheet to facilitate customer in completing the credit application files. Surat Keterangan Permohonan PinjAman (SKPP) also shaped sheet that contains a customer applying for a loan and can be incorporated into one with a customer files. At the time of the credit can not be processed should make a credit refusal letter containing the reasons of credit can not be processed. When the credit should Supervision Ka. The unit participated directly involved in credit control and guidance to the customer. Seen from the many customers who apply for credit should Ka. unit random sampling at KUR customer. At the time of credit billing, account officers should not accept money installment, installment the money that should be accepted by the teller.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/416/051406307
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Oct 2014 10:37
Last Modified: 22 Oct 2021 12:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116523
[thumbnail of 051406307.pdf]
Preview
Text
051406307.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item