Kusumaningtyas, Fitria (2014) Pengaruh Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2010/2011 yang Mengkonsumsi Es Krim Magnum). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Pesan Iklan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Isi Pesan (X 1 ), Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ), dan Sumber Pesan (X 4 ), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Keputusan Pembelian. Iklan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan iklan yang telah diterapkan di beberapa negara, yaitu iklan es krim Magnum versi Magnum Infinity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2010/2011 yang pernah melihat iklan Magnum versi Magnum Infinity di televisi dan pernah mengkonsumsi es krim Magnum. Sampel pada penelitian ini sebanyak 72 orang responden. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampling aksidental ( accidental sampling ). Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Isi Pesan (X 1 ), Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ), dan Sumber Pesan (X 4 ) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 (< α 0,05). Nilai Adjusted R Square sebesar 0,568 atau 56,8%, artinya bahwa kontribusi secara bersama-sama variabel Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan terhadap variabel Keputusan Pembelian sebesar 56,8%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ), dan Sumber Pesan (X 4 ) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai signifikansi t variabel Struktur Pesan (X 2 ) sebesar 0,000 (< α 0,05), nilai signifikansi t variabel Format Pesan sebesar (X 3 ) 0,021 (< α 0,05), nilai signifikansi t variabel Sumber Pesan (X 4 ) sebesar 0,020 (< α 0,05). Nilai Signifikansi t variabel Isi Pesan (X 1 ) sebesar 0,412 (> α 0,05), hal tersebut menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Isi Pesan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Struktur Pesan (X 2 ) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan koefisien Beta sebesar 0,447
English Abstract
This study aims to determine and explain the Influence of Advertisement Messages to the Purchase Decisions. Independent variables used in this study is Messages Content (X 1 ), Message Structure (X 2 ), Message Format (X 3 ), and Message Source (X 4 ), while the dependent variable in this study is Purchase Decision (Y). Advertisement used in this study is an advertisement that has been implemented in several countries, that is Magnum ice cream advertisement, Magnum infinity version. This study use quantitative approach and the method of research is survey method. This is an explanatory research and the population of this research is students department of Business Administration Faculty of Administrative Science University of Brawijaya year 2010/2011 who see Magnum Advertisement, Magnum Infinity version in television and consume of Magnum Ice Cream. Sample of this research is 72 respondents. This study use accidental sampling as technique sampling. Data analysis techniques in this study used Multiple Linear Regression Analysis. The result of this research show that variable Messages Content (X 1 ), Message Structure (X 2 ), Message Format (X 3 ), and Message Source (X 4 ) are together have a significant influence on the Purchase Decision (Y) with significance value F of 0,000 (< α 0,05). Value Adjusted R Square of 0,568 or 56,8%, meaning that contribution simultaneously variables Messages Content (X 1 ), Message Structure (X 2 ), Message Format (X 3 ), and Message Source (X 4 ) on Purchase Decision variable is 56,8%. The result of this research show that variabel Message Structure (X 2 ), Message Format (X 3 ), and Message Source (X 4 ) are partially have significant influence on the Purchase Decision (Y) with significance value of t of variable Message Structure (X 2 ) of 0,000 (< α 0,05), significance value of t variable Message Format (X 3 ) of 0,021 (< α 0,05), and significance value of t variable Message Source (X 4 ) of 0,020 (< α 0,05). Significance value of t of variable Message Content (X 1 ) of 0,412 (> α 0,05), meaning that contribution partially variables Message Content (X 1 ) have no significant influence on the Purchase Decision. Variabel Message Structure (X 2 ) is a variable that has a dominant influence on the Purchase Decision (Y) which indicated by Beta coefficient is equal to 0,447.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/362/051405488 |
Uncontrolled Keywords: | Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan, Keputusan Pembelian; Messages Content, Message Structure, Message Format, Message Source, Purchase Decision |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 09:27 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 04:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116463 |
Preview |
Text
SKRIPSI_FIX.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |