Sertifikasi Kesehatan Pelaut dan Monitoring dalam Menciptakan Keselamatan Pelayaran (Studi pada Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Provinsi DKI Jakarta)

Setiawan, Sonny (2014) Sertifikasi Kesehatan Pelaut dan Monitoring dalam Menciptakan Keselamatan Pelayaran (Studi pada Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Provinsi DKI Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar bahwa masih banyaknya jumlah kecelakaan yang terjadi di perairan, sehingga timbul berbagai sebab-sebab terjadinya kecelakaan. Salah satunya mengenai kesehatan pelaut, dimana seharusnya kesehatan pelaut adalah dasar dari seorang pelaut dapat turun ke laut. Dengan adanya sertifikasi kesehatan serta monitoring diharapkan dapat mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi di dunia pelayaran. Penelitian ini berfokus pada masalah bagaimanakah proses penyelenggaraan sertifikasi kesehatan dan monitoring terhadap kesehatan pelaut oleh Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP)? Apa sajakah permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan sertifikasi dan monitoring yang dilakukan oleh Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP)? Dan bagaimanakah penyelesaian masalah dalam penyelenggaraan sertifikasi dan monitoring yang dilakukan oleh Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP)? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diperoleh dengan melibatkan Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP). Analisis data dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari Penelitian menunjukan bahwa proses penyelenggaraan dari sertifikasi dan monitoring dilakukan sesuai dengan peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut No. HK 103/1/5/DJPL-13. Dari peraturan tersebut mengalami permasalahan dalam penyesuaian peraturan yang ada, dikarenakan peraturan sekarang adalah peraturan yang menggantikan peraturan lama yaitu DL. 22/1/1/99 dan peraturan baru ini juga baru diterapkan di 2013 kemarin. Oleh sebab itu masih terdapat kendala-kendala dalam penyelenggaraannya. Solusi yang dapat di tawarkan oleh BKKP salah satunya yaitu, proses dalam penyelenggaraan menggunakan sistem informasi input data dan pencetakan sertifikasi kesehatan pelaut berbasis web (e-certificate). Solusi yang dapat di tawarkan adalah diperlukan koordinasi yang dapat terjalin antara Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan BKKP, masalah peraturan yang belum dapat disesuaikan dengan baik.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/353/051405479
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi, Monitoring, Pelayaran, Keselamatan
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 08 Oct 2014 10:00
Last Modified: 16 Dec 2021 15:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116454
[thumbnail of SKRIPSI_SONNY SETIAWAN.pdf] Text
SKRIPSI_SONNY SETIAWAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (34kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (4kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item