Evaluasi Pengendalian Manajemen Sistem Pemberian Kredit Modal Kerja (Studi Pada PD. BPR Bank Jombang)

Kaspandi, ChalidHermaditya (2014) Evaluasi Pengendalian Manajemen Sistem Pemberian Kredit Modal Kerja (Studi Pada PD. BPR Bank Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan utama PD BPR Bank Jombang adalah memberikan kredit dan jasa di lalu lintas pembayaran dan peredaran uang. PD. BPR Bank Jombang menawarkan berbagai produk dan jasa keuangan pada nasabahnya terutama dalam pemberian kredit. Salah satunya adalah kredit modal kerja. Kredit modal kerja merupakan fasilitas pembiayaan modal kerja yang diberikan pada nasabah untuk memenuhi modal kerjanya. Dalam proses pemberian kredit modal kerja memerlukan penanganan khusus dalam pelaksanaannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sistem pemberian kredit modal kerja pada PD. BPR Bank Jombang, dan untuk mengetahui sistem pemberian kredit yang diterapkan PD BPR Bank Jombang sudah sesuai dengan aspek-aspek pengendalian manajemen yang baik atau belum. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Langkah–langkah evaluasi data dalam perkreditan adalah : Mengevaluasi sistem pemberian Kredit Modal Kerja pada PD BPR Bank Jombang meliputi prosedur permohonan, analisis, pencairan, sampai pada pengawasan sistem pemberian Kredit Modal Kerja, Mengevaluasi pengendalian manajemen dalam sistem pemberian Kredit Modal Kerja, dan Mencari alternatif solusi untuk mengatasi hambatan dan memperbaiki kelemahan yang ditemukan, baik di dalam sistem dan prosedur maupun pengendalian manajemen yang dilaksanakan dalam pemberian Kredit Moda Kerja PD BPR Bank Jombang. PD BPR Bank Jombang Kabupaten Jombang telah mencerminkan pengendalian manajemen kredit yang cukup memadai dilihat dari personel yang kompeten dan dapat dipercaya. pengendalian manajemen kredit telah berjalan dengan baik, karena telah dilaksanakan oleh petugas bank dengan baik dan penuh tangungjawab. Pengendalian manajemen kredit telah berjalan dengan baik jika dilihat dari kontrol aktiva dengan catatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan dilakukannya on the spot dengan tujuan untuk mencocokan antara berkas debitur dan hasil wawancara dengan keadaan sebenarnya di lapangan apakah sesuai atau tidak. Namun masih terdapat juga beberapa kekurangan dalam pengendalian manajemen kreditnya, yaitu : masih adanya perangkapan tugas, tidak adanya sebagian formulir atau dokumen yang mencantukan nomer formulir, belum adanya ketelitian dalam menganalisis penerimaan calon nasabah yang mencakup faktor character, capital, capacity, condition of economy, collateral serta tidak adanya pemeriksaan mendadak atau (surprise audit).

English Abstract

Main task of PD BPR Bank Jombang is delivering credit and service into payment traffic and monetary circulation. PD BPR Bank Jombang offers various financial products and services to the customer, especially in the credit conferral. One such conferred credit is work capital credit. It is indeed work capital credit representing the facility of work capital finance given to customer to meet their work capital. In the credit conferral process, work capital needs specific treatment. The objective of research is to understand the system which is conferring work capital credit at PD BPR Bank Jombang and to acknowledge the credit conferral system applied at PD BPR Bank Jombang whether it has matched with aspects of managerial control. Research type is descriptive with case study approach. The steps of data evaluation in the credit include: evaluating the work capital credit conferring system at PD BPR Bank Jombang in terms of application procedure, analysis, withdrawal, and supervision of work capital credit conferral system; evaluating managerial control over the work capital credit conferring system; and searching for solution alternatives to deal with constraints and to improve managerial control over work capital credit conferral at PD BPR Bank Jombang. PD BPR Bank Jombang in Jombang District has quite reliable managerial control over credit because it has competent and trusted personnel. Managerial control over credit has been well implemented because it is operated by good and responsible bank officer. Good managerial control of credit is confirmed by controlling over assets and related books. It is verified on the spot to ensure the compatibility of debtor document and interview result with the actual occurrence. However, some constrains exist against managerial control of credit such as the overlapping of task, the lack of forms and documents with form number, lack of precision in analyzing customer candidates in term of character, capital, capacity, condition of economy, and collateral factors, and lack of sudden examination or surprise audit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/27/051401616
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Mar 2014 14:07
Last Modified: 24 Oct 2021 10:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116366
[thumbnail of 051401616.pdf]
Preview
Text
051401616.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item