Analisis Sistem Dan Prosedur Dalam Pemberian Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) Untuk Mendukung Pengedalian Manajemen Kredit (Studi pada PD BPR Bank Jombang Kabupaten Jombang),

Desiana, RiekeWidya (2014) Analisis Sistem Dan Prosedur Dalam Pemberian Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) Untuk Mendukung Pengedalian Manajemen Kredit (Studi pada PD BPR Bank Jombang Kabupaten Jombang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyaknya permintaan kredit membuat bank berhati-hati dalam melakukan pemberian kredit. Pihak bank juga harus mengadakan kerjasama dengan pihak ketiga agar mempermudah pemberian kredit konsumtif untuk pembelian kendaraan bermotor, salah satunya dengan pihak dealer. Semakin banyak pihak yang terlibat dalam pemberian kredit, membuat bank harus membuat penyesuaian sistem dan prosedur dalam memberikan kredit. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sistem dan prosedur dalam pemberian Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) pada PD BPR Bank Jombang Kabupaten Jombang, dan mengetahui pelaksanaan sistem dan prosedur pemberian Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) pada PD BPR Bank Jombang Kabupaten Jombang sudah mendukung aspek-aspek pengendalian manajemen kredit. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Langkah-langkah analisis data dalam perkreditan adalah Menganalisis sistem pemberian Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Menganalisis pengendalian manajemen kredit dalam sistem dan prosedur pemberian Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Mencari alternatif solusi untuk mengatasi hambatan dan memperbaiki kelemahan yang ditemukan. Sistem pemberian kredit kendaraan bermotor PD BPR Bank Jombang Kabupaten Jombang dalam meningkatkan pengendalian manajemen telah dilaksanakan cukup memadai, hal itu dapat dilihat dari : Personel yang kompeten dan dapat dipercaya, Pemisahan tugas, Prosedur otorisasi yang tepat, Control fisik aktiva dan catatan, dan Pemeriksaan pekerjaan secara independen. Disamping pengendalian manajemen yang sudah memadai pada PD BPR Bank Jombang Kabupaten Jombang, masih terdapat juga beberapa kekuragan dalam pengendalian manajemen kreditnya, yaitu : Belum adanya pemisahan tugas, belum adanya nomer urut dokumen, belum adanya pemeriksaan tugas secara independen. Oleh karena itu perlu adanya pemisahan tugas yang bertujuan untuk mencegah adanya penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh PD BPR Bank Jombang Kabupaten Jombang. Melibatkan Customer Service dalam proses permohonan kredit untuk mendukung personel yang kompeten, karena customer service mempunyai kemampuan menjelaskan produk-produk yang dimiliki bank dan fasilitas yang diperlukan nasabah.

English Abstract

Credit proposal is enormous and quite enough to make banks to be careful in conferring the credit. Banks must also cooperate with third parties to facilitate consumptive credit for motor vehicle purchase. One such third party is dealer. The number of parties involved in the credit conferral is increasing and therefore, banks are forced to modify their system and procedure of credit conferral. The objective of research is to understand the conferral system and procedure in the Motor Vehicle Credit (KKB) at PD BPR Bank Jombang and to recognize the implementation of conferral system and procedure of Motor Vehicle Credit (KKB) at PD BPR Bank Jombang. Type of research is descriptive with case study approaches. Data of credit are analyzed and the analysis steps involve analyzing the conferral system of Motor Vehicle Credit (KKB), analyzing the credit management control in the conferral system and procedure of Motor Vehicle Credit (KKB), and looking for alternative solutions for the constrains and improving the weaknesses. The conferral system of Motor Vehicle Credit at PD BPR Bank Jombang in Jombang District has been capable to improve the managerial control. It is validated by the presence of competent and trustable personnel, job division, authorization procedure, physical control over asset and related books, and independent checking process. In addition to the reliable managerial control at PD BPR Bank Jombang, however, there are some weaknesses in the credit management control such as unreliable job division, less competent and less trusted personnel, and less independent work checking. Reliable job division is important to prevent the authority abuse by PD BPR Bank Jombang in Jombang District. Customer Service is involved within credit conferral process to support the competent personnel because customer service has ability to explain products owned by banks and facilities which require customer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/25/
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Feb 2014 13:29
Last Modified: 24 Oct 2021 10:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116344
[thumbnail of Rieke_Widya_Desiana_(0910323144).pdf]
Preview
Text
Rieke_Widya_Desiana_(0910323144).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item