Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 Yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram)

Andini, Natasya Putri (2014) Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 Yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing (X) baik secara bersama-sama maupun secara langsung terhadap Kepercayaan Pelanggan (Z) dan Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatory research dengan tenik pengambilan sampling accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Fakultas llmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang melakukan pembelian online melalui media sosial Instagram sebanyak 116 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, analisis statistik interensial dan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis jalur (path analysis) dapat diketahui bahwa pengaruh Viral Marketing (X) terhadap Kepercayaan Pelanggan (Z) secara langsung adalah signifikan dan bernilai positif dengan nilai koefesien path sebesar 0,763 dengan probabilitas t sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Kepercayaan Pelanggan (Z) memiliki pengaruh secara langsung dan bernilai positif dengan nilai koefesien path sebesar 0,401 dengan probabilitas t sebesar 0,001 (0,001<0,05). Viral Marketing (X) memiliki pengaruh secara langsung sebesar 0,247 dengan nilai probabilitas t sebesar 0,034 (0,034<0,05). Secara tidak langsung pengaruh Viral Marketing (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y) melalui Kepercayaan Pelanggan (Z) adalah sebesar 0,307.

English Abstract

Reasearch aims at understanding the influence of Viral Marketing (X) either simultaneously or directly on Customer Trust (Z) and Purchase Decision (Y). Type of research is explanatory research. Sampling technique is accidental sampling. Data collection technique is questionnaire given to student of Faculty of Administration Science, University of Brawijaya, Class of 2013, who make online purchase through social media on Instagram. There are 116 respondents included. Data analysis technique is descriptive statistic analysis, inferential statistic analysis and path analysis. Based on the result of examination with path analysis, it is recognized that the influence of Viral Marketing (X) on Customer Trust (Z) is direct, significant and positive. It is proved by path coefficient rate of 0,763 at probability t of 0.000 (0.000 < 0.05). Customer Trust (Z) has direct and positive influence with path coefficient rate of 0.401 at probability t of 0.001 (0.001 < 0.05). Viral Marketing (X) has direct influence of 0.247 at probability t of 0.034 (0.034 < 0.05). Indirectly, the influence of Viral Marketing (X) on Purchase Decision (Y) through Customer Trust (Z) is 0.307.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/191/051403477
Uncontrolled Keywords: Viral Marketing, Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian; Viral Marketing, Customer Trust, and Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Jul 2014 09:04
Last Modified: 10 Nov 2021 15:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116279
[thumbnail of SKRIPSI_NATASYA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_NATASYA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item