Pengaruh Faktor Fundamental Makro Dan Mikro Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, Dan Investasi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012)

Arvianto, RivanAndrieSabi (2014) Pengaruh Faktor Fundamental Makro Dan Mikro Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, Dan Investasi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat memberikan dampak persaingan yang ketat pada pelaku bisnis. Perkembangan perekonomian yang ada menuntut manajemen perusahaan tidak hanya berupaya untuk mengoptimalkan profit saja, namun pihak manajemen juga dituntut untuk mampu menciptakan nilai bagi perusahaan. Nilai perusahaan yang diukur melalui nilai harga saham dan merupakan indikator kemampuan perusahaan dalam memberikan nilai bagi shareholders. Nilai perusahaan tidak hanya ditentukan oleh faktor fundamental mikro yang bisa dikendalikan oleh perusahaan, tetapi juga faktor fundamental makro yang berada di luar kendali perusahaan. Faktor fundamental Makro berperan sebagai variabel eksogen, sedangkan Faktor fundamental Mikro dan nilai perusahaan berperan sebagai variabel endogen. Perusahaan yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor perdagangan, jasa, dan investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental makro terhadap faktor fundamental mikro, mengetahui pengaruh faktor fundamental makro terhadap nilai perusahaan, dan mengetahui pengaruh faktor fundamental mikro terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pengujian hipotesis dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sektor perdagangan, jasa, dan investasi yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia periode 2010- 2012, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yang kemudian dari kriteria yang ditetapkan terpilih 17 perusahaan sebagai sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, evaluasi hasil pengujian Partial Least Square, analisis statistik inferensial, dan uji hipotesis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama, faktor fundamental makro berpengaruh signifikan terhadap faktor fundamental mikro. Hasil signifikan tersebut menandakan bahwa tinggi rendahnya faktor fundamental mikro dipengaruhi oleh faktor fundamental makro. Koefisien jalur yang bertanda negatif menunjukkan bahwa hubungan atau pengaruh antara faktor fundamental makro dengan faktor fundamental mikro adalah berlawanan. Artinya semakin tinggi faktor fundamental makro yang meliputi tingkat inflasi dan kurs sebagai indikatornya, maka faktor fundamental mikro akan semakin kecil. Faktor fundamental mikro perusahaan terbentuk melalui tujuh indikator yaitu CR, Size, DR, ROI, ROE, DPR, dan Yield. Kedua, bahwa faktor fundamental makro berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil yang signifikan tesebut menandakan bahwa faktor fundamental memiliki pengaruh kuat terhadap nilai perusahaan. Nilai koefisien jalur yang bertanda positif menunjukkan bahwa hubungan antara faktor fundamental terhadap nilai perusahan adalah berbanding lurus atau linier. Artinya semakin tinggi nilai faktor fundamental makro yang dalam hal ini dibentuk oleh indikator tingkat inflasi dan kurs maka hal ini akan mampu memingkatkan nilai perusahaan yang dalam hal ini dibentuk oleh indikator CP (Close Price. Ketiga, bahwa faktor fundamental mikro berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil yang signifikan tersebut menandakan bahwa kondisi faktor fundamental mikro perusahaan akan memberikan pengaruh yang kuat terhadap nilai perusahaan. Koefisien jalur yang bertanda positif menunjukkan bahwa hubungan antara faktor fundamental mikro terhadap nilai perusahan adalah berbanding lurus atau linier. Artinya semakin tinggi faktor fundamental mikro perusahaan yang ditentukan melalui indikator CR, Size, DR, ROI, ROE, DPR, dan Yield, maka nilai perusahaan yang ditentukan melalui indikator CP (Close Price akan mengalami peningkatan. Peningkatan nilai perusahaan ini disebabkan karena perusahaan yang memiliki faktor fundamental mikro yang bagus menandakan perusahaan mampu menjalankan kegiatan bisnisnya dengan baik dan mampu bersaing untuk keberlangsungan perusahaan di masa yang akan datang. Hal inilah yang menjadi isu-isu positif bagi investor untuk berinvestasi pada perusahaan yang memiliki nilai yang tinggi.

English Abstract

The development of the business world is increasing impact of intense competition in the business. Existing economic development of the companys management requires not only seeks to optimize profits, but the management is also required to be able to create firm value. Firm value as measured by the company s stock price and Tobin s Q is an indicator of the companys ability to deliver value to shareholders. Firm Value is not only determined by fundamental factors that can be controlled by micro enterprises, but also the macro fundamental factors that are beyond the control of the company. Macro fundamentals act as an exogenous variable, while the micro fundamentals and value the company acts as an endogenous variable. Companies that are used as samples in this study is a trade, services, and investments listed in Indonesia Stock Exchange 2010-2012 . The purpose of this study was to know the influence of macro fundamental factors on micro fundamental factors, influence macro fundamental factors on firm value , and influence of micro fundamental factors on firm value. This type of research used in this research is explanatory research using hypothesis testing and quantitative approach. The population in this research is used companies trade, services, and investments listed on the Indonesia Stock Exchange 2010- 2012 period. Technique of sampling is used purposive sampling, and from some of the criteria specified then selected 17 companies in the sample. Analysis of the data used is descriptive statistical analysis, evaluation results of Partial Least Square, inferential statistical analysis, and hypothesis testing. Data analysis was performed using software SmartPLS 2.0. First results of this study indicate that the macro fun amental factors significantly influence toward micro fundamental factrs. The significant result indicates that the level of micro fundamental factors are influenced by macro fundamentals . The path coefficients are negative indicates that the relationship or influence between macro fundamentals with micro fundamentals are opposite. This means that the higher the macro fundamental factors include the rate of inflation and the exchange rate as an indicator , then the micro fundamentals will be smaller . Fundamentals of micro enterprises formed by seven indicators that is CR, Size, DR, ROI, ROE, DPR, dan Yield. Secondly, the macro fundamental factors significantly influence toward firm value. Significant result indicates that the proficiency level of fundamental factors have a strong influence on firm value. Value of the path coefficient is positive which indicates that the fundamentals of the relationship between firm value is directly proportional or linear. This means that the higher the value of the macro fundamental factors which in this case is formed by the indicators of inflation and exchange rate then it will be able memingkatkan enterprise value which in this case is formed by indicator CP ( Close Price) and Tobin s Q. Third, the the micro fundamental factors significant influence toward firm value. The significant result indicates that condition of micro fundamental factors companies will provide a strong influence on firm value. Path coefficient is positive indicates that the relationship between the micro fundamental factor on irm value is proportional or linear. This means that the higher micro fundamental factors that formed by indicators CR, Size, DR, ROI, ROE, DPR, and Yield, the firm value is formed by indicator CP (Close Price) and Tobin s Q will increase. The increase of firm value is caused by companies have good micro fundamental factors.That is signifies the company able to mean the business activities and be able to compete well for the sustainability of the company in the future. This is the positive issues for investors to invest in companies that have a high value .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/168/051403117
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jun 2014 10:10
Last Modified: 04 Mar 2022 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116253
[thumbnail of motto-daftar_isi.pdf]
Preview
Text
motto-daftar_isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab_1-5.pdf]
Preview
Text
Bab_1-5.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CV_Rivan_skripsi.pdf]
Preview
Text
CV_Rivan_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item