Fitranti, PramitaDwi (2014) Pelaksanaan Program Inovasi Samsat Corner Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kepada Wajib Pajak (Studi pada SAMSAT Corner Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar pertimbangan bahwa masyarakat selalu menuntut pelayanan yang berkualitas dari pemerintah, meskipun terkadang tuntutan tersebut sering tidak sesuai dengan harapan yang ada. Untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas diperlukan adanya perubahan dalam melaksanakan pelayanan publik, salah satu upayanya adalah dengan memperbaiki sistem dan prosedur layanan melalui berbagai macam program inovasi yang berorientasi kepada masyarakat. Lembaga birokrasi Kantor Bersama SAMSAT merupakan bentuk dari kerjasama antara tiga instansi yakni Kepolisian, Dipenda dan Jasa Raharja yang telah menerbitkan program layanan inovasi yang berorientasi kepada masyarakat, khususnya kepada Wajib Pajak yaitu Program inovasi SAMSAT Corner yang memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik yang sesuai dengan keinginan masyarakat adanya pelayanan yang transparan, akuntabel , cepat , tepat, efektif dan efisien serta mempermudah para Wajib Pajak dalam pembayaran pajak. Penelitian dilakukan di SAMSAT Corner Kota Malang. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sehingga mampu menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi, menganalisa hubungan yang terjadi antar fenomena dan menginterpretasikan data secara sistematis yang dilengkapi pemaparan data tabel-tabel untuk mempermudah analisis. Penelitian ini difokuskan pada dua hal yaitu (1) Pelaksanaan Program Inovasi SAMSAT Corner yang meliputi tujuan program, persyaratan pendaftaran, biaya pelayanan, jenis pelayanan, prosedur pelayanan, jadwal pelayanan dan jumlah penerimaan dokumen Wajib Pajak yang diperoleh dari program inovasi SAMSAT Corner (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program SAMSAT Corner. Faktor pendukung yang mencangkup sarana dan prasarana, koordinasi antar pegawai, dan sosialisasi program inovasi SAMSAT Corner. Faktor penghambat yang mencangkup jumlah pegawai yang tersedia, dan kompetensi pegawai dalam memberikan pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program inovasi SAMSAT Corner sesuai dengan Kepmenpan No.63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang pedoman pelayanan publik yang isinya menjelaskan tentang standar dalam pelayanan publik. Selain itu pelaksanaan program inovasi SAMSAT Corner dinilai tidak hanya dapat meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak, namun juga meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam pembangunan daerah. Adapun inovasi sektor publik perlu untuk dikembangkan lagi terutama didalam pemberian pelayanan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat.
English Abstract
The research is based of the consideration that the public always demand quality services from the government, although sometimes these demands are often not in accordance with expectations. To realize a quality service necessary to implement changes in the public service, one of the efforts is to improve the system and service procedures through a variety of programs innovation to the public oriented. Bureaucratic institutions SAMSAT Office is a form of cooperation between the three institutions, Kepolisian, Dipenda dan Jasa Raharja who has published Program service innovation to the public oriented, especially to the taxpayer that SAMSAT Corner innovation program that has the goal to provide better service in accordance with the wishes of the people the existence of services that are transparent, accountable, fast, precise, effective and efficient, and easier for the taxpayer in tax payments. The study was conducted in SAMSAT Corner Malang. Method used in this study using a descriptive study with a qualitative approach, so as to describe the phenomena , to analyze the relations between phenomena and interpret data systematically incorporating the exposure of data tables to facilitate analysis. This research focused on two things: (1) Implementation of Innovation Program SAMSAT Corner which includes program objectives, registration requirements, cost of service, type of service, service procedures, service schedules and the amount of taxpayer receipt of documents obtained from an innovation program SAMSAT Corner (2) enabling and inhibiting factors in the implementation of the program SAMSAT Corner. Supporting factors which include infrastructure, coordination among employees, and socialization programs SAMSAT Corner innovation. Inhibiting factors which include the number of staff available, and employee competence in providing services. The results showed that the implementation of the program innovation SAMSAT Corner accordance with the Kepmenpan No.63/KEP/M.PAN/7/2003 about public service guidelines, which describes the standards in the public service. In addition the implementation of the program innovation SAMSAT Corner assessed not only can improve service to taxpayers, but also improve resource revenue (PAD) in regional development. As for public sector innovation needs to be developed further, especially in the provision of services in accordance with the demands of society.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/163/051402876 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 28 May 2014 11:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116248 |
Preview |
Text
lengkap.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |