Analisis Manajemen Kredit Guna Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu)

Dewi, OktaviaAnggra (2014) Analisis Manajemen Kredit Guna Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang berperan sebagai perantara antara pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang kekurangan dana. Kegiatan utama yang dilaksanakan bank adalah kegiatan-kegiatan pada sektor perkreditan atau penyaluran dana. Kegiatan penyaluran dana atau kredit tentunya tidak terlepas dari risiko kredit bermasalah yang ditimbulkan dari ketidakmampuan debitur dalam melunasi kreditnya kepada pihak bank. Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu juga tidak terlepas dari kredit bermasalah, untuk menghindari hal tersebut maka bank membutuhkan suatu manajemen kredit guna meminimalisir kredit bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan manajemen kredit yang diterapkan pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu, (2) mengetahui tingkat kredit bermasalah pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu, (3) mendeskripsikan upaya penyelematan kredit bermasalah pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini tergolong dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, karena penelitian dilakukan dengan menggunakan data yang berbentuk angka dan melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus. Data yang dikumpulkan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara langsung dengan staf kredit, dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen atau catatan seperti, data kolektibilitas tahun 2010-2012. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis manajemen kredit, analisis tingkat redit bermasalah atau Non Performing Loans (NPL), dan analisis upaya penyelematan kredit bermasalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kredit yang diterapkan Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu belum efektif dalam meminimalisir kredit bermasalah, hal ini terlihat dari persentase Non Performing Loan (NPL) pada periode 2010-2012 yang menunjukkan peningkatan yaitu pada tahun 2010 sebesar 0%, pada tahun 2011 sebesar 0,72%, dan pada tahun 2012 sebesar 1,99%. Manajemen kredit yang diterapkan meliputi perencanaan kredit, penetapan suku bunga kredit, prosedur pemberian kredit, analisis pemberian kredit, dan pengawasan kredit. Upaya penyelamatan kredit bermasalah yang dilakukan Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu meliputi pembinaan kepada debitur, pemberian surat peringatan pada nasabah 1- 2x, penjadwalan kembali (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning), penataan kembali (restructuring), dan penyitaan jaminan.

English Abstract

Bank are finance instituition which contributes as intermediatery between the over financing and under financing. It has major function in credit sectors or distributes the funds. To distribute them, they are in inseparable from Non Perfoming Loans risk which is occurred by debitors could not repay their debts to the bank (defaulted loans). Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu is not in spite of occurrences of Non Perfoming Loans, too, to avoid it therefore banks need a credit management to minimize Non Perfoming Loans. This study intends on (1) describing credit management which is used in Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu, (2) knowing the level of Non Performing Loans in Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu, (3) describing effort to recover Non Performing Loans in Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu. A descriptive quantitative secondary research method is applied to analyze because the research is done by using shape figure data and performing calculations by using formulas. The procedure is that all collected the data are understood trough primary data which is obtained by direct interviews to credit sttafs and is obtained by documents or notes as collectibilty data in 2010 up to 2012. The data analysis is done by credit management analysis, Non Performing Loans level analysis, and the effort to recover Non Performing Loans. After the analysis are completed, it can be concluded that credit managent which is used in Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu has not been effectively to minimize Non Performing Loans yet, it can be seen by the presantage of Non Performing Loans in 2010-2012 period it has increased significantly in 2010 of 0%, in 2011 increase of 0,72%, and in 2012 increase of 1,99%. Credit management which is applied covering by credit planning, interest rate determination, credit procedure, loans credit analysis, and credit monitoring. The effort of recovering Non Performing Loans which is done by Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu includes by managing the dibitors, giving warning letter once up to twice the costumers, rescheduling, reconditioning, restructuring, and foreciosure on the assets ( authentic sanction).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/127/051402535
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Apr 2014 07:29
Last Modified: 22 Oct 2021 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116208
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_ORISINILITAS.pdf]
Preview
Text
TANDA_ORISINILITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
TANDA_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CV.pdf]
Preview
Text
CV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item