Pengaruh Internet Marketing terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Efektivitas Iklan dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Follower Akun Pocari Sweat di Jejaring Sosial Twitter

Azaria, PhamendytaAldaning (2014) Pengaruh Internet Marketing terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Efektivitas Iklan dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Follower Akun Pocari Sweat di Jejaring Sosial Twitter. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh langsung maupun tidak langsung antara variabel internet marketing, word of mouth, efektivitas iklan, dan brand awareness. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah follower akun Pocari Sweat atau follower @PocariID pada jejaring sosial Twitter. Jumlah sampel sebanyak 110 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Path Analysis dimana sebelumnya akan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis dengan menggunakan Path Analysis menunjukkan bahwa pengaruh variabel internet marketing terhadap word of mouth maupun pengaruh variabel internet marketing terhadap efektivitas iklan adalah signifikan. Hasil perhitungan juga menjelaskan bahwa variabel efektivitas iklan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness. Variabel word of mouth berpengaruh tidak signifikan terhadap brand awareness. Pengaruh yang tidak signifikan juga terdapat pada pengaruh langsung antara internet marketing terhadap brand awareness. Penelitian ini menjelaskan bahwa word of mouth tidak berperan sebagai variabel intervening dalam hubungan internet marketing terhadap brand awareness sedangkan variabel efektivitas iklan berperan sebagai variabel intervening dalam hubungan internet marketing terhadap brand awareness. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa internet marketing dapat meningkatkan word of mouth dan efektivitas iklan. Internet marketing juga dapat meningkatkan brand awareness suatu merek produk namun pengaruh tersebut bukanlah pengaruh langsung. Jadi, hubungan tersebut membutuhkan variabel intervening. Variabel intervening dalam hubungan internet marketing terhadap brand awareness adalah efektivitas iklan. Hal tersebut mengartikan bahwa internet marketing dapat meningkatkan brand awareness dengan meningkatkan keefektifan suatu iklan terlebih dahulu.

English Abstract

This study aims to identify and explain the direct and the indirect effects of internet marketing, word of mouth, advertisement effectiveness, and brand awareness. Population and sample in this study is followers of Pocari Sweat’s account or @PocariID’s followers via Twitter. Total sample in this study is 110 respondents with retrieval techniques used was random sampling. After validity and realibility test examined, then the researcher used Path Analysis to obtained the final result. The results of the Path Analysis shows that the impact of internet marketing on word of mouth and the impact of internet marketing on advertisement effectiveness are significant. The calculation result also explained that the advertisement effectiveness has a significant impact on brand awareness. Word of mouth was not significant on brand awareness. No significant impact was also found in the direct impact of internet marketing on brand awareness. This study explains that word of mouth cannot be an intervening variable between internet marketing and brand awareness. The advertisement effectiveness can be an intervening variable between internet marketing and brand awareness. Based on the analysis, it can be concluded that internet marketing can increase word of mouth and advertising effectiveness. Internet marketing can also increase the brand awareness of a brand but the impact is not as a direct effect. So, that relation needed an intervening variables. The intervening variables between internet marketing to brand awareness is advertisement effectiveness. This means that internet marketing can increase brand awareness by increasing the effectiveness of an advertisement first.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/624/051404837
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Oct 2014 10:36
Last Modified: 22 Oct 2021 03:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116162
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN_AWAL.pdf]
Preview
Text
BAGIAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-5.pdf]
Preview
Text
BAB_1-5.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item