Efek Tayangan Program Reportase Investigasi Terhadap Persepsi Kualitas dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Masyarakat Pengkonsumsi Bakso di Daerah Jalan Suyudono Semarang Jawa Tengah),

Bachtiar, WahyuPrabowo (2013) Efek Tayangan Program Reportase Investigasi Terhadap Persepsi Kualitas dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Masyarakat Pengkonsumsi Bakso di Daerah Jalan Suyudono Semarang Jawa Tengah),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya pemberitaan kasus pencampuran daging babi ke dalam bahan dasar membuat bakso. Pemberitaan yang muncul di media televisi dan surat kabar serta media-media yang lain, membuat warga resah karena isue yang terus berkembang dan semakin besar. Hal tersebut lantas membuat warga menjadi ragu akan kualitas bakso yang beredar di sekitar lingkungan tempat tinggal warga setempat, terlebih bagi warga yang memiliki rumah tempat tinggal yang berdekatan dengan rumah potong hewan. Pemberitaan dan penyebaran informasi tersebut akan menimbulkan berbagai dampak di benak warga, terutama adalah dampak psikis berupa spekulasi akan kualitas bakso yang akan dikonsumsi. Pertentangan keyakinan yang terjadi pada konsumen akan berdampak kepada keputusan pembelian yang akan dilakukan konsumen, karena dengan kurangnya informasi yang akurat membuat konsumen harus mencari informasi tambahan untuk memastikan sebelum melakukan suatu keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di daerah jalan Suyudono Kelurahan Barusari Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang Jawa Tengah. Metode pengumpulan data melalui observasi non-partisipasi dan wawancara terarah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi efek yang ditimbulkan akibat dari melihat tayangan Reportase Investigasi dengan topik “Waspada Bakso Daging Babi – Bukan Bakso Biasa”. Efek tersebut adalah warga menjadi takut dan resah serta menghentikan pembelian bakso, karena konsumen saat itu tidak percaya akan kualitas bakso yang dijual oleh pedagang keliling di daerah tersebut. Dampak tersebut akan tetapi tidak semata-mata hanya karena melihat tayangan Reportase Investigasi itu saja, melainkan ada faktor lain yaitu kekuatan komunikasi antar warga yang membuat kekuatan isue tersebut semakin besar dan melekat di benak masyarakat atau konsumen. Dengan demikian terdapat efek yang ditimbulkan dari tayangan Reportase Investigasi terhadap persepsi akan kualitas bakso yang menyebabkan berkurang atau bahkan hilangnya minat beli konsumen terhadap bakso yang dijual oleh pedagang bakso keliling.

English Abstract

This research is motivated by the proliferation of reporting cases of mixing pork into raw material to make meatballs. News which appeard on television and in newspapers and other media, make people uneasy because the issuethat is constantly evolving and growing. It then makes people doubt the quality of the meatballs into circulating around the neighborhood residents, especially for people have a residence adjacent to the abattoir. Reporting and dissemination of such information would cause various effects on the minds of citizen, especially in the form speculation is the psychological impact of the quality of the meatballs that will be consumed. Disagreement that occurs in consumer confidence will impact the purchase decision of consumers to be performed, because the lack of accurate information to make consumers should look for additional information to be sure before making a purchasing decision. This type of research is a study with a qualitative approach. Location of the research done int the area of the village Suyudono Barusari Southern District of Semarang, Semarang - Central Java. Methods of collecting data through observation and participation of non-directed interviews. These results indicate that the effect occurs due Investigative Reporting impressions of view on the topic “Beware Pork Meatballs – The Extra Ordinary Meatballs”. The effect is people become fearful and anxious and stop buying meatballs, as consumers when it did believe the quality of the meatballs were sold y travelling salesmen in the area. The impact will be, but not solely because of the Investigative Reporting saw impressions only, but there are other factors, namely the power of communication between the people who make the greater strength of the Issues and embedded in the minds of the public consumers. Thus there are the effects of impressions Reporting Investigation of the perception of the quality of the meatballs that causes reduce or even loss of consumers to buy the meatballs, meatballs are sold by itinerant traders.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/622/051403735
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Jul 2014 08:50
Last Modified: 22 Oct 2021 03:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116160
[thumbnail of lampiran_tambahan.pdf]
Preview
Text
lampiran_tambahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of tanda_persetujuan_skripsi_&_pernyataan_orisinalitas_skripsi.pdf]
Preview
Text
tanda_persetujuan_skripsi_&_pernyataan_orisinalitas_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item