Pelayanan Publik Di Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi (Studi Pada Penyelenggaraanpelayanankependudukan)

Hakim, RezhaYahyaNur (2013) Pelayanan Publik Di Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi (Studi Pada Penyelenggaraanpelayanankependudukan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas layanan publik dapat diukur meliputi indikator berikut : kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, ekonomis, keadilan, ketepatan waktu. Kesederhanaan pelayanan dalam artian bahwa prosedur atau tata cara pelayanan umum diselenggarakan secara mudah dipahami, mudah dilaksanakan. Pelayana umum dikatakan prima bila dalam pelaksanaannya tidak menyulitkan, prosedurnya tidak. Dalam pelayanan kependudukan, tidak ada yang memberatkan dan masih dalam koridor kewajaran. Dalam pelaksanaan layanan publik selama ini di kecamatan Giri tidak terdapat kendala apapun dalam hal kemananan.Baik keamanan secara fisik maupun pencaloan sudah terjamin dan tidak ada masalah.Namun demikian, sebenarnya masih ada praktek pencaloan.Pengurusan KTP dan KK yang dilakukan oleh ketua RT atau RW dengan biaya Rp 25.000,- untuk KTP dan Rp 45.000,- untuk KK. Berkaitan dengan keterbukaan layanan kepada masyarakat, pihak Kecamatan sudah melakukan kegiatan sosialisasi jika ada setiap pertemuan denga aparat desa/kelurahan yang melibatkan juga masyarakat, selain itu dilakukan penempelanselebaran informasi yang mudah dilihat langsung oleh masyarakat.Semua hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kesalahan jika masyarakat melakukan pengurusan administrasi kependudukan. Meskipun secara resmi pelayanan maksimal adalah 15 menit, temuan di lapangan menyatakan ketidaksusuaian. Untuk pelayanan KTP dan KK dilakukan selama 2 atau 3 hari. Hal ini karena dibutuhkan waktu yang cukup panjang bagi pegawai kecamatan untuk menyampaikan berkas ke dinas kependudukan di Kabupaten. Setelah berkas terkumpul selama 2 hari biasanya baru dilakukan pengurusan ke Kabupaten. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan di Kecamatan Giri adalah : kepemimpinan, sumberdaya aparatur, kesadaran masyarakat, sarana prasarana serta keterbukaan dan responsifitas aparatur.

English Abstract

The quality of public services can be measured include the following indicators: simplicity, clarity and certainty, security, openness, economic, fairness, timeliness. The simplicity of the service in the sense that the procedure or ordinance organized public services are easily understood, easily implemented. Pelayana prima general said if the implementation is not difficult, the procedure is not. In service population, nothing burdensome and still in the corridor of reasonableness. In the implementation of public services in the district Giri far there is no any constraint in terms of safety are. Both physically and brokering of security is guaranteed and no problems. However, there is still the practice of brokering. KTP and KK performed by the RT or RW at a cost of Rp 25.000, - for a KTP and Rp 45.000, - for KK. With regard to disclosure to the public service, the district has done socialization premises if there is any meeting of village officials / village also involving the community, but it made the information leaflet attachment easily seen directly by the people. All this is done to avoid mistakes when people do the administrative population. Although officially a maximum service is 15 minutes, the findings in the field stated ketidaksusuaian. For service KTP and KK carried out for 2 or 3 days. This is because it takes a long time for the employee to submit the file to the district office in the district of residence. After the file is collected for 2 days usually only done to the district administration. The factors that affect the quality of service in the District Giri are: leadership, resources, personnel, public awareness, infrastructure and openness and responsiveness apparatus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/598/051402156
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 28 Mar 2014 09:00
Last Modified: 22 Oct 2021 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116138
[thumbnail of Skripsi_Lengkap_Rezha_Yahya_Nur_Hakim_0610310143.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Lengkap_Rezha_Yahya_Nur_Hakim_0610310143.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item