The Evaluation of Internal Control on Sales and Cash Receipt Accounting System (Case Study at PT PG Candi Baru Sidoarjo),

Muflikhah, Nur (2013) The Evaluation of Internal Control on Sales and Cash Receipt Accounting System (Case Study at PT PG Candi Baru Sidoarjo),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu informasi paling penting yang dibutuhkan perusahaan adalah informasi mengenai penjualan. Kegiatan penjualan terdiri dari menjual barang dan layanan, oleh karena itu penjualan akan memberikan kontribusi pendapatan bagi perusahaan. Dengan memiliki aktivitas penjualan berarti bahwa perusahaan perlu memiliki sistem akuntansi penjualan yang baik yang mempengaruhi aktivitas penjualan perusahaan. Kasus ini dipelajari di PT PG Candi Baru Sidoarjo karena beberapa alasan. Pertama, perusahaan ini melakukan penjualan dan sistem akuntansi penerimaan kas. Akhirnya, PT PG Candi Baru juga melakukan kontrol internal pada sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai perumusan masalah, mendapatkan informasi mengenai data terkait pada sistem akuntansi penjualan dan pembayaran tunai untuk mendukung tujuan pengendalian internal pada sistem akuntansi penjualan dan pembayaran tunai yang menerapkan PT PG Candi Baru, oleh karena itu mengevaluasi kontrol internal. Sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas yang diadakan pada PT PG CANDI BARU SIDOARJO. Studi ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan suatu situasi, tetapi tidak diizinkan untuk membuat prediksi yang akurat atau untuk membangun hubungan sebab dan akibat antar variabel. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Studi ini berfokus pada semua aspek penelitian terkait dengan kinerja kontrol internal pada sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas di PT PG Candi Baru, termasuk departemen, bentuk dan jurnal, dan diagram alur. Peneliti melakukan penelitian ini di PT PG Candi Baru Sidoarjo, yang terletak di Jl. Raya Candi No.10 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan tiga teknik untuk mengumpulkan data, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Studi ini menghasilkan data yang terkait dengan sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas yang diimplementasikan pada PT PG Candi Baru, dan masih ada beberapa kelemahan pada struktur organisasi, dokumen, catatan akuntansi, dan prosedur Penerimaan Tunai. Penulis memberikan beberapa saran untuk kelemahan yang akan digunakan oleh PT PG Candi untuk dipertimbangkan, akhirnya saran tersebut dapat menyelesaikan kontrol internal perusahaan.

English Abstract

One of the most important information that companies need is the information regarding the sales. Sales activities are consist of selling goods and service, therefore sales will give revenue contribution for the company. By having sales activity means that companies need to have a good sales accounting system that affected company sales activity. This case is studied in PT PG Candi Baru Sidoarjo for some reasons. Firstly, this company performed sales and cash receipt accounting system. Finally, PT PG Candi Baru also performed internal control on sales and cash receipt accounting system. This research aimed to reach formulation of the problem, earned information regarding related data on sales and cash receipt accounting system in order to support the purpose of internal control on sales and cash receipt accounting system that applied PT PG Candi Baru, therefore evaluated the internal control of sales and cash receipt accounting system that held on PT PG Candi Baru Sidoarjo. The study used descriptive method to describe a situation, but not allowed to make accurate predictions or to establish a cause and effect relationship between variables. This study used qualitative research. The study focused on all research aspect related with internal control performance on sales and cash receipt accounting system in PT PG Candi Baru, includes department, form and journal, and flowchart. Researcher conducted this research at PT PG Candi Baru Sidoarjo, which is located at Jl. Raya Candi no.10 Sidoarjo. This research used three techniques to collect data includes, interview, documentation, and observation. The study resulted data related to sales and cash receipt accounting system that implemented on PT PG Candi Baru, and there are still some weaknessess on organization structure, documents, accounting record, and sales and cash receipt procedure. The writer give some suggestion for the weaknessess that would used by PT PG Candi for consideration, finally the suggestion may complete company internal control.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/584/051401178
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Feb 2014 11:39
Last Modified: 17 Nov 2021 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116127
[thumbnail of THE_EVALUATION_OF_INTERNAL_CONTROL_ON_SALES_AND_CASH_RECEIPT_ACCOUNTING_SYSTEM-_pdf.pdf]
Preview
Text
THE_EVALUATION_OF_INTERNAL_CONTROL_ON_SALES_AND_CASH_RECEIPT_ACCOUNTING_SYSTEM-_pdf.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item