Aziz, AlfinLutfi (2013) Pengaruh Kemudahan Penggunaan Terhadap Kemanfaatan pada Sikap Pengguna E-learning. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam era global saat ini kemajuan sistem informasi sangat cepat dengan adanya pembaharuan- pembaharuan dari segala bidang termasuk dalam konteks pendidikan, dimana paradigma pendidikan konvensional yang masih melekat kuat dibenak para pengajar maupun pelajar saat ini, sehingga menimbulkan ketimpangan terhadap adanya penerimaan teknologi baru yang dianggap sulit untuk diimplementasikan dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah pendidikan yang berbasis elektronik atau bisa disebut e-learning. Penerapan pendidikan berbasis e-learning yang masih dalam proses perkembangan ini sering kali mendapatkan penolakan-penolakan dari pengguna dikarenakan mereka menganggap sistem pembelajaran yang baru terlalu rumit dikarenakan budaya pembelajaran konvensional yang melekat kuat, dari permasalahanterebut peneliti ingin mengetahui bagaimana sikap seseorang terhadap penerimaan teknologi dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), dimana untuk mengukur suatu sikap seseorang dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan dan kemanfaatan dari suatu teknologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan ( explanatory research ) yang menunjukkan hubungan kausal antar variabel-variabel penelitian dengan pengujian hipotesis. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah Kemudahan Penggunaan e-learning (X 1 ) dan variabel Endogenya adalah Kemanfaatan e-learning (X 2 ) dan Sikap Pengguna e-learning (X 3 ).penelitian ini mengambil populasi mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dengan mengambil sampel sebanyak 81 mahasiswa dari 422 mahasiswa, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dan teknik penggumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Dari hasil analisis ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variable kemudahan penggunaan e-learning (X 1 ) terhadap variabel Kemanfaatan e-learning (X 2 ), kemudian variabel Kemudahan Penggunaan e-learning (X 1 ) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Sikap Pengguna e-learning (X 3 ), begitu juga variable Kemanfaatan e-learning (X 2 ) yang berpengaruh positif dan signifikan terhdap variable Sikap Pengguna e-learning (X 3 ). Saran yang bisa diberikan yaitu agar mengadakan sosialisasi tentang pembelajaran berbasis website sehingga para pengguna baru atau user baru lebih cepat memahami pembelajaran berbasis elektronik dan tidak mengalami kesulitan ketika mengimplementasikan dalam proses pembelajaran, juga pengenalan sistem pembelajaran e-learning terhadap semua mahasiswa atau pengajar sehingga sistem pembelajaran akan melekat dan menjadi terbiasa sehingga memudahkan proses belajar untuk kedepanya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/546/051400170 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 11:32 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116089 |
Preview |
Other
skripsi_alfin_full.PDF Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |