Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Kasus Tentang Pelayanan Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang

Agustina, Ika (2013) Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Kasus Tentang Pelayanan Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian Ini Dilakukan Atas Dasar Adanya Kritikan Terhadap Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan Yang Masih Kurang, Meliputi Kurangnya Ketepatan Waktu, Banyaknya Persyaratan, Dan Prosedur Yang Berbelit-Belit. Hal Ini Membuat Masyarakat Menjadi Malas Untuk Mengurus Administrasi Kependudukan Seperti Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran. Sedangkan Administrasi Kependudukan Itu Wajib Dilakukan Masyarakat Untuk Memiliki Identitas Diri. Oleh Karena Itu Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan Harus Maksimal Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kependudukan. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Dan Memaparkan Proses Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Pembuatan Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang. Jenis Penelitian Yang Digunakan Peneliti Adalah Kualitatif. Pedekatan Kualitatif Menurut Sugiyono (2008:9) Adalah Metode Penelitian Yang Berdasarkan Filsafat Pospositivme Digunakan Untuk Objek Ilmiah, (Sebagai Lawannyaadalah Eksperimen) Di Mana Peneliti Adalah Eksperimen Kecil, Tehnik Pengumpulan Data Dilakukan Secara Gabungan, Analisis Data Bersifat Induktif/Kualitatif Dan Hasil Penelitian Kualitatif Lebih Menekankan Makna Daripada Generalisasi. Dengan Penelitian Tersebut Peneliti Akan Terjun Langsung Dengan Menggunakan Tehnik Observasi, Interview, Dan Dokumentasi. Untuk Itu Data Yang Dihasilkan Harus Seakurat Dan Selengkap Mungkin. Lokasi Penelitian Yang Dipilih Adalah Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang. Fokus Penelitian Ini Adalah Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Pelayanan Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran, Serta Faktor-Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran. Hasil Dari Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang Dilihat Dari Aspek Kemampuan Dalam Menyelesaikan Tugas Sudah Baik Karena Pegawai Sudah Memiliki Tingkat Pendidikan Yang Baik, Mampu Mengerjakan Tugas Tepat Waktu, Dan Disiplin. Mekanisme Pelayanan Sudah Menerapkan Prinsip Kesederhanaan. Dari Hasil Penelitian Ini, Maka Peneliti Dapat Memberikan Rekomendasi Antara Lain Adanya Penambahan Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang, Serta Adanya Perbaikan Sarana Dan Prasarana Untuk Mendukung Kecepatan Proses Pelayanan Administrasi Kependudukan

English Abstract

The Research Was Conducted On The Basis Of The Criticism Of The Performance Of Services Administration That Is Still Lacking, Including The Lack Of Timeliness, Number Of Requirements, And Procedures Convoluted. It Makes People Lazy To Administer The Population As A Family Card And Birth Certificate. While The Administration Of The Population That Must Be Done To Have A Self-Identity. Therefore, The Performance Of Administrative Services Should Be The Maximum Population In Providing Administrative Services Population. The Purpose Of This Study Was To Identify And Describe The Population Of Administrative Services In The Manufacture Of Family Cards And Birth Certificates At The Department Of Population And Civil Registration Jombang. Type Of Research Is A Qualitative Researcher. Quaitative Pedekatan According Sugiyono (2008:9) Is A Research Method Based On The Philosophy Of Pospositivme Used For Scientific Objects, (As Lawannyaadalah Experiment) In Which The Researcher Is A Small Experiment, Data Collection Techniques Are Combined, The Data Analysis Is Inductive / Qualitative And Qualitative Research More Emphasis On Meaning Rather Than Generalizations. In The Study Researchers Will Work Directly By Using The Technique Of Observation, Interviews, And Documentation. For That The Resulting Data Should Be As Accurate And Complete As Possible. The Research Location Chosen Was At The Department Of Population And Civil Registration Jombang. The Focus Of This Study Is The Performance Of The Department Of Population And Civil Registration In Service Family Card And Birth Certificate, And The Factors Supporting And Inhibiting The Population Of Administrative Services Family Cards And Birth Certificates. The Results Of This Study Indicate That The Performance Of Administrative Services To The Department Of Population Population And Civil Registration Jombang Seen From The Aspect Of The Ability To Complete The Task As Well As Employees Already Have A Good Level Of Education, Being Able To Do The Work On Time, And Discipline. The Mechanism Has Been Applying The Principles Of Simplicity Ministry. From These Results, The Researchers Were Able To Give Advice Such As The Addition Of An Employee In The Department Of Population And Civil Registration Jombang, As Well As The Improvement Of Facilities And Infrastructure To Support High Population Administration Service Process

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/508/051310977
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Nov 2013 13:58
Last Modified: 22 Oct 2021 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116055
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_new_skripsi.pdf]
Preview
Text
BAB_I_new_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
Cover_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item