Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Ekuitas Merek (Survey Pada Pelanggan Hotel Pelangi Malang)

Fathoni, Fathir (2013) Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Ekuitas Merek (Survey Pada Pelanggan Hotel Pelangi Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Dan Menjelaskan Pengaruh Variabel Komunikasi Pemasaran Terpadu Yang Terdiri Dari Iklan (X1), Promosi Penjualan (X2), Penjualan Personal (X3), Hubungan Masyarakat (X4), Pemasaran Langsung (X5), Pemasaran Interaktif (X6), Dan Corporate Design (X7) Secara Bersama-Sama Dan Parsial (Sendiri-Sendiri) Terhadap Ekuitas Merek Produk (Y). Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Explanatory Research . Sampel Dalam Penelitian Ini Sebanyak 100 Orang Responden Yang Merupakan Pelanggan Hotel Pelangi Malang. Metode Pengumpulan Data Menggunakan Kuesioner. Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Deskriptif Dan Analisis Regresi Linier Berganda Dengan Uji F Dan Uji T. Teknik Pengambilan Sampel Yang Digunakan Adalah Teknik Purposive Sampling . Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Variabel Iklan (X1), Promosi Penjualan (X2), Penjualan Personal (X3), Hubungan Masyarakat (X4), Pemasaran Langsung (X5), Pemasaran Interaktif (X6), Dan Corporate Design (X7) Secara Bersama-Sama Mempunyai Pengaruh Yang Signifikan Terhadap Ekuitas Merek Produk (Y) Dengan Nilai Fhitung 39,941 Dengan Tingkat Signifikansi 0,000 (P<0,05) Dan Nilai R Square 0,752. Hal Ini Berarti Bahwa Kemampuan Variabel-Variabel Dalam Komunikasi Pemasaran Terpadu Secara Bersama-Sama Memberikan Kontribusi Terhadap Ekuitas Merek Produk Sebesar 75,2% Sedangkan Sisanya Sebesar 24,8% Dipengaruhi Oleh Variabel Lain Yang Tidak Dibahas Dalam Penelitian Ini. Secara Parsial Terdapat Empat Variabel Yang Berpengaruh Signifikan Yaitu Variabel Promosi Penjualan (X2), Penjualan Personal (X3), Pemasaran Interaktif (X6), Dan Corporate Design (X7). Hasil Penelitian Ini Juga Menunjukkan Variabel Corporate Design (X7) Merupakan Variabel Yang Berpengaruh Dominan Terhadap Ekuitas Merek Produk (Y) Yang Ditunjukkan Dengan Koefisien Regresi B Tertinggi Yaitu 1,797 Dan Nilai Thitung Yang Paling Besar Yaitu 11,245 Dan Signifikansi Terendah Yaitu Sebesar 0,000 (P<0,05). Kesimpulan Dari Penelitian Ini Adalah Komunikasi Pemasaran Terpadu Mempunyai Pengaruh Signifikan Terhadap Ekuitas Merek. Variabel Corporate Design (X7) Berpengaruh Dominan Terhadap Ekuitas Merek Produk (Y). Oleh Karena Itu Hal-Hal Yang Berkaitan Dengan Corporate Design Harus Dipertahankan Oleh Hotel Pelangi, Bahkan Bisa Ditingkatkan Untuk Meningkatkan Ekuitas Merek Nya.

English Abstract

The Aims Of This Research To Identify And Explain The Influence Of Integrated Marketing Communication Variable Consisting Of Advertising (X1), Sales Promotion (X2), Personal Selling (X3), Public Relations (X4), Direct Marketing (X5), Interactive Marketing (X6), And Corporate Design (X7) Together And Partial To Product Brand Equity (Y). The Type Of This Research Is Explanatory Research. The Samples In This Research Were 100 Respondents Who Are Customers Hotel Pelangi Malang. Methods Of Data Collection Using Questionnaires And Analysis Of The Data Used Is Descriptive Analysis And Multiple Linear Regression Analysis With F Test And T Test. The Sampling Technique Used Was Purposive Sampling Technique. These Results Indicated That The Variable Advertising (X1), Sales Promotion (X2), Personal Selling (X3), Public Relations (X4), Direct Marketing (X5), Interactive Marketing (X6), And Corporate Design (X7) Collectively Have A Significant Influence On Product Brand Equity (Y) With Fhitung Values 39.941 With A Significance Level Of 0.000 (P <0.05) And The Value Of R Square 0.752. This Means That The Ability Of The Variables In The Integrated Marketing Communications Collectively Contribute To Product Brand Equity Amounted To 75.2% While The Remaining 24.8% Is Influenced By Other Variables That Are Not Including In This Research. Partially, There Are Four Variables That Significantly Influence, The Variable Sales Promotion (X2), Personal Selling (X3), Interactive Marketing (X6), And Corporate Design (X7). The Results Also Showed Variable Corporate Design (X7) Is A Dominant Variable On Product Brand Equity (Y) As Indicated By The Highest Regression Coefficient Beta Is 1.797 And The Highest Thitung Values Is 11.245 And The Lowest Significance Is 0.000 (P <0 , 05). The Conclusion Of This Research Is The Integrated Marketing Communications Has Significant Influence On Brand Equity. Corporate Design (X7) Is Dominant Variable That Influence On Product Brand Equity (Y). Therefore Matters Relating To Corporate Design Should Be Retained By Hotel Pelangi, And Can Be Improved To Increase Its Brand Equity

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/496/051310751
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Nov 2013 15:11
Last Modified: 22 Oct 2021 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116044
[thumbnail of 051310751.pdf]
Preview
Text
051310751.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item