Pengaruh Aspek Perilaku Pengguna (User) Terhadap Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease Of Use) Teknologi Informasi (Studi kasus pada siswa kelas 3 SMA Kertanegara Malang)

Dwiparengga, Candhya (2009) Pengaruh Aspek Perilaku Pengguna (User) Terhadap Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease Of Use) Teknologi Informasi (Studi kasus pada siswa kelas 3 SMA Kertanegara Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Aspek Perilaku Pengguna ( User) Terhadap Kemudahan Penggunaan ( Perceived Ease Of Use) Teknologi Informasi yang dilakukan terhadap siswa kelas 3 di SMA Kertanegara Malang. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang dari suatu slogan dari Dinas Pendidikan Nasional akan masa depan pendidikan “Online” dan dukungan dari jurnal internasional dari Irwin TJ brown yang meneliti tentang kesiapan para pelajar terhadap penggunaan internet. Berdasarkan dari 2 referensi itulah penulis ingin mengetahui bagaimana kesiapan para pelajar di suatu sekolah menengah atas swasta yang pada waktu tahun 2008 merupakan salah satu sekolah yang para siswanya banyak tidak lulus ujian nasional. Sehingga dapat mewakili jawaban akan kesiapan para pelajar di kota malang dengan pendidikan “ Online”. Untuk mengetahui itu semua dengan bantuan dari model hipotesis Irwin TJ Brown maka dalam penelitian ini juga akan menggunakan variabel – variabel yang sama. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pola explanasi yang berarti bahwa adanya penjelasan kedudukan variabel – variabel dan hubungannya dengan variabel yang lain. Terdapat 4 variabel bebas yaitu ease of finding, ease of understanding, self – efficacy dan computer anxienty sedangkan untuk variabel terikatnya yaitu perceived ease of use. Dari variabel – variabel tersebut diketahui adanya hubungan dan pengaruh yang bermakna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pengaruh antara Ease of Finding (X 1 ) terhadap Perceived Ease of Use (Y) Pengaruh antara Ease of Finding (X 1 ) terhadap Perceived Ease of Use (Y) sebesar 0, 300 mengartikan bahwa pengaruh diantara kedua variabel lebih besar nilainya dibandingkan dengan pengujian yang dilakukan Irwin T. J. Brown sebesar 0,26. Dari pengujian ini dapat diartikan bahwa kemudahan dalam menemukan alamat dalam web lebih mudah dilakukan oleh responden di SMA Kertanegara Malang dari pada siswa – siswa di Afrika Selatan. Pengaruh antara Ease of Understanding (X 2 ) terhadap Perceived Ease of Use (Y) sebesar 0, 872 mengartikan bahwa pengaruh diantara kedua variabel lebih besar nilainya dibandingkan dengan pengujian yang dilakukan Irwin T. J. Brown sebesar 0,22. Dari pengujian ini dapat diartikan bahwa kemudahan dalam memahami istilah – istilah yang terdapat dalam halaman web lebih mudah dilakukan oleh responden di SMA Kertanegara Malang dari pada siswa – siswa di Afrika Selatan, Pengaruh antara Self Efficacy (X 3 ) terhadap Perceived Ease of Use (Y) sebesar 0,805 mengartikan bahwa pengaruh diantara kedua variabel lebih besar nilainya dibandingkan dengan pengujian yang dilakukan Irwin T. J. Brown sebesar 0,40. Dari pengujian ini dapat diartikan bahwa kemudahan dalam memahami istilah – istilah yang terdapat dalam halaman web lebih mudah dilakukan oleh responden di SMA Kertanegara Malang dari pada siswa – siswa di Afrika Selatan.Pengaruh antara Computer Anxienty (X 5 ) terhadap

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/490/051305968
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Oct 2013 09:41
Last Modified: 22 Oct 2021 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116038
[thumbnail of 051305968.pdf]
Preview
Text
051305968.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item