Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja Keuangan (studi pada perusahaan peserta CGPI yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011),

Nurcahyani (2013) Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja Keuangan (studi pada perusahaan peserta CGPI yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan Good Corporate Governance (GCG) pada perusahaan merupakan suatu konsep yang digunakan guna menjaga konsistensi dan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Sebuah tata kelola perusahaan yang baik akan mampu mewujudkan perbaikan ekonomi yang lebih baik serta permasalahan kepentingan yang mungkin terjadi pada perusahaan. Kepemilikan saham yang termasuk dalam bagian corporate governance ini juga akan mampu mempengaruhi kinerja perusahaan, dimana dalam hal ini kepemilikan yang tinggi oleh institusional akan membuat pengawasan terhadap manajemen menjadi lebih sering dilakukan sehingga akan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Survey mengenai penerapan GCG pada perusahaan ini telah dilakukan oleh IICG melalui program CGPI dengan tujuan mendorong penerapan GCG pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan GCG dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada Corporate Governance Perception Index (CGPI) selama periode tahun 2009-2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive Sampling . Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan GCG yang diproksikan oleh skor CGPI dan kepemilikan institusional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROE dan ROA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/462/051309628
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Nov 2013 11:08
Last Modified: 22 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116014
[thumbnail of 051309628.pdf]
Preview
Text
051309628.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item