Analisis Kebijakan Pemerintah Kota Blitar dalam Mengembangkan Potensi Daerah Sebagai Upaya Meningkatan Daya Saing Daerah.

Kristiantina, DyahElyta (2013) Analisis Kebijakan Pemerintah Kota Blitar dalam Mengembangkan Potensi Daerah Sebagai Upaya Meningkatan Daya Saing Daerah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menetapkan kebijakan pengembangan potensi daerah dalam upaya untuk meningkatkan daya saing memerlukan wawasan yang jelas tentang potensi yang dimiliki oleh daerah itu sendiri. Penetapan kebijakan potensi daerah sebagai suatu sektor basis / unggulan juga tidak boleh mengabaikan sektor non basis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sektor-sektor basis di Kota Blitar, dan prioritas potensi daerah yang dapat dikembangkan melalui advokasi kebijakan guna meningkatkan daya saing daerah.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Location Quotient (LQ) untuk menentukan sektor-sektor basis dan non basis, analisis Shift Share (SSA) untuk mengetahui daya saing potensi daerah, dan advokasi kebijakan menggunakan pendekatan teori kebijakan sektoral. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kota Blitar memiliki sektor basis yaitu sektor jasa dan perdagangan, namun belum memiliki daya saing, dengan potensi sektor pariwisata sebagai penggerak perekonomian. Kebijakan Kota Blitar untuk meningkatkan sektor basis selama ini sudah tepat, namun demikian masih belum diikuti dengan pemetaan investasi daerah pada sektor tersebut. Dalam sistem kebijakan sektoral, advokasi kebijakan untuk meningkatkan daya saing sektor jasa dan perdagangan sebagai sektor basis, dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan sektor non basis yang menjadi pendukung, yaitu sektor pariwisata. Pengembangan aktivitas sektor pariwisata dapat dilakukan dengan meningkatkan jumlah objek wisata berbasis wisata tradisional, yang dalam hal ini sejalan dengan tujuanmenjadikan Kota Blitar sebagai laboratorium kebangsaan. Peneliti memberikan advokasi kebijakan "Bulan Wisata" dimana pada bulan tersebut aktivitas-aktivitas kepariwisataan Kota Blitar digelar. Advokasi kebijakan untuk pengembangan sektor pariwisata ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik asing maupun domestik, yang berdampak pada semakin tingginya aktivitas wisatawan di Kota Blitar. Hal ini tentunya akan berdampak pada kenaikan sektor perdagangan, jasa, hotel, restaurant, industri dan lainnya, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian secara umum. Pemerintah Kota Blitar dapat mewujudkan daya saing daerah melalui kebijakan yang inovatif, dengan memperhatikan sektor penggerak perekonomian yang menjadi potensi unggulan, untuk kemudian dapat disusun suatu perencanaan kebijakan guna mengembangkan potensi-potensi unggulan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/455/051309621
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Nov 2013 10:20
Last Modified: 22 Oct 2021 01:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116008
[thumbnail of 051309621.pdf]
Preview
Text
051309621.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item