Penerapan Teknologi Informasi Berbasis Web Dalam Rangka Memberikan Pelayanan informasi Publik (Studi Kasus Pada Dinas Kominfo Kota Malang),

Idris, Kholid (2013) Penerapan Teknologi Informasi Berbasis Web Dalam Rangka Memberikan Pelayanan informasi Publik (Studi Kasus Pada Dinas Kominfo Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar kemajuan yang ingin dicapai melalui electronic government tidak dapat dicapai dengan mudah oleh Dinas Kominfo kota Malang, karena itu pengembangan electronic government dari tahap awal menuju tahap yang lebih tinggi adalah suatu permasalahan sekaligus sebagai tantangan yang harus dihadapi oleh Dinas Kominfo Kota Malang. Fokus / Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimanakah penerapan teknologi berbasis web (e-gov) pada Kota Malang? 2. Faktor-faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat pemanfaatan teknologi berbasis web dalam rangka meningkatkan kualitas layanan informasi di Kota Malang?. 3. Bagaimanakah upaya Dinas Kominfo dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Publik? Dengan permasalahan di atas, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa penerapan teknologi berbasis web (e-gov) di Kota Malang dan mendeskripsikan serta menganalisa faktor- faktor pendukung dan menghambat pemanfaatan electronic government di Kota Malang serta mendiskripsikan dan menganalisa upaya Dinas Kominfo dalam meningkatkan kualitas layanan publik. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan interview, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan di Kantor Dinas komunikasi dan Informatika Kota Malang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Huberman, yang terfokus pada kegiatan analisis untuk menindaklanjuti data yang telah diproses dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan dalam pelaksanaan Electronic Government Di kota malang masih menemukan banyak hambatan. Dimana hambatan itu berupa kurangnya Sumber daya manusia yang memadai. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu aspek penting yang ikut menentukan sebuah kesuksesan program, hal ini mengingat SDM merupakan ujung tombak penerapan suatu program dalam hal ini adalah penerapan electronic government . selain itu hambatan yang mempengaruhi terlaksananya electronic government yang baik di kota malang adalah masalah keuangan. Keuangan disini sebagai sumber utama pendanaan agar terselenggaranya pemerintahan yang baik. Pemerintah disini dituntut untuk memberikan pendanaan yang cukup agar penerapan electronic government di kota malang terselenggara dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/433/051309310
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Nov 2013 12:12
Last Modified: 22 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115987
[thumbnail of 051309310.pdf]
Preview
Text
051309310.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item