Peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dalam Penanggulangan Masalah Kesejahteraan Sosial (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Malang).

Andrianto, Wisnu (2013) Peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dalam Penanggulangan Masalah Kesejahteraan Sosial (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Malang merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki luas daerah paling besar di provinsi Jawa Timur. Namun Kabupaten Malang juga merupakan salah satu daerah yang bisa digolongkan rendah tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Setiap tahun, Pemerintah Daerah Kabupaten Malang selalu berusaha membuat program-program untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas Sumber Daya Manusia masyarakat Kabupaten Malang. Masih rendahnya akses pendidikan merupakan salah satu penyebab utama terjadi banyak fenomena Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kabupaten Malang. Berdasarkan data yang dimiliki dinas sosial jumlah penduduk yang masih di bawah garis kemiskinan berjumlah 155.745 jiwa, dengan tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Malang maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Malang masih sangat rendah. Oleh karena itu keberadaan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan sangatlah strategis dalam menunjang usaha Dinas Sosial Kabupaten Malang dalam melakukan usaha peningkatan kesejahteraan sosial di Kabupaten Malang . Rumusan masalah yang peneliti angkat antara lain: (1) Bagaimanakah tingkat kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Malang? (2) Bagaimanakah peran TKSK dalam penanggulangan masalah kesejahteraan sosial di kabupaten malang? (3) Apa sajakah faktor pendorong dan penghambat bagi TKSK dalam menanggulangi masalah kesejahteraan sosial di Kabupaten Malang? Pada penelitian ini yang menjadi situs penelitian adalah Dinas Sosial Kabupaten Malang. Sumber data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dari tingkat angka kemiskinan yang ada di kabupaten malang,hal ini mengindikasikan tingkat kesejahteraan masyarakat masih rendah oleh karenanya peran dari TKSK sangatlah perlu, adapun peran dari TKSK sudah berjalan sesuai dengan peran yang harus diembannya dari pihak dinas sosial. Namun ada beberapa kendala dalam pelaksanaan peran TKSK dalam membantu Dinas Sosial menanggulangi masalah kesejahteraan sosial yang ada di kabupaten Malang, yaitu kurang memadainya alat transportasi yang bisa digunakan dalam mobilisasi TKSK dalam penanggulangan masalah kesejahteraan sosial dikarenakan letak geografis yang ada di kabupaten malang masih berupa sungai sungai serta minimnya infrastruktur yang ada di desa-desa kecamatan di kabupaten malang. Begitu juga dengan kendala waktu bagi TKSK perempuan karena jam kerja TKSK tidak dibatasi oleh jam kerja, dimana setiap ada permasalahan sosial di wilayah kerjanya TKSK harus siap mengatasinya dan hal itu sangat dirasakan ketika ada permasalahan sosial yang harus ditangani TKSK pada malam hari. Selain itu ketidakterbukaan pemilik data juga menghambat kinerja TKSK di lapangan dalam usahanya mencari data yang diperlukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/367/051308491
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Oct 2013 12:10
Last Modified: 21 Oct 2021 10:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115924
[thumbnail of 051308491.pdf]
Preview
Text
051308491.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item