Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Pabrik Gula (Studi pada PTPN X Persero PG. Kremboong Sidoarjo),

Aisiqia, IntanAisyiah (2013) Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Pabrik Gula (Studi pada PTPN X Persero PG. Kremboong Sidoarjo),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan perusahaan sesuai dengan isi Undang-Undang Perseroan Terbatas Nomor 40 Tahun 2007 pasal 74. Bentuk CSR pada BUMN adalah Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). PG. Kremboong sebagai suatu industry gula yang sama seperti industry lainnya tidak lepas dari dampak lingkungan yang dirasa merugikan masyarakat sekitar. Tanggung jawab eksternal ini menjadi kewajiban bersama untuk mewujudkan kesejahterahan masyarakat salah satunya dengan cara pemberdayaan masyarakat dilingkungan sekitar. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui serta menganalisis Corporate Social Responsibility pada perusahaan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat sekitar PG. Kremboong. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu dengan tujuan agar peneliti bisa menggambarkan fenomena dan fakta yang terjadi dalam melihat pelaksanaan Corporate Social Responsibility pada PG. Kremboong sebagai upaya pemberdayaan masyarakat sekitar pabrik gula. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pabrik Gula Kremboong telah berusaha melaksanakan CSR sesuai dengan konsep PKBL dimana PG. Kremboong melakukan kegiatan-kegiatan yang menunjukan rasa kepedulian sosialnya sekaligus berupaya memberdayakan masyarakat sekitar pabrik gula. Namun dalam pelaksanaannya, program CSR pada PG. Kremboong melalui PKBL yang meliputi program kemitraan dengan petani sekitar, pemberdayaan usaha kecil dan menengah, pemberian keterampilan pengelasan kepada pemuda sekitar pabrik gula, dan program bakti sosial belum berjalan secara optimal karena program ini belum tersosialisasikan dengan baik. Dampak pelaksanaan CSR yaitu memberikan manfaat secara ekonomi, sosial maupun lingkungan bagi masyarakat sehingga memberikan citra yang baik bagi perusahaan. Adanya dukungan dari berbagai stakeholders serta komitmen yang tinggi dari perusahaan sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan CSR PG. Kremboong. Akan tetatpi, belum tersosialisasikannya program CSR kepada masyarakat serta belum adanya kesadaran dari masyarakat menjadi faktor penghambat pelaksanaan program CSR itu sendiri. PG. Kremboong seharusnya lebih mensosialisasikan program CSR kepada masyarakat sehingga muncul kesadaran masyarakat untuk lebih aktif terlibat dalam program CSR itu sendiri. Dengan begitu pelaksanaan program CSR PG. Kremboong dapat berjalan lebih efektif dimana masyarakat tidak hanya terlibat sebagai objek namun juga sebagai subjek dalam membina kemitraan dengan PG. Kremboong itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/347/051308332
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Oct 2013 14:31
Last Modified: 21 Oct 2021 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115904
[thumbnail of 051308332.pdf]
Preview
Text
051308332.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item