Implementasi Rencana Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Usaha Batik Tulis Tenun Gedog (Studi di Dinas Perekonomian Dan Pariwisata Kabupaten Tuban dan di Usaha Batik Tulis Tenun Gedog di Desa Kedun

Mukmin, AriemTsulutsSaiful (2013) Implementasi Rencana Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Usaha Batik Tulis Tenun Gedog (Studi di Dinas Perekonomian Dan Pariwisata Kabupaten Tuban dan di Usaha Batik Tulis Tenun Gedog di Desa Kedun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar untuk mengetahui implementasi renstra pemerintah Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban dalam mengembangkan usaha batik tulis tenun gedog. Hal ini dikarenakan penurunan omset pada industri kecil khususnya batik tulis tenun gedog. Selain itu, produk industri kecil batik tulis tenun gedog merupakan produk unggulan dari Kabupaten Tuban yang harus dipertahankan. Sehingga dalam pelaksanaan pengembangan diperlukan sebuah keseriusan dalam pembinaan guna mensejahterahkan masyarakat sekitar dan pengusaha di desa Kedungrejo Kecamatan Kerek. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Fokus penelitian ini meliputi (1) bidang perdagangan dan perindustrian dalam mengembangkan usaha batik tulis tenun gedog, perkembangan tingkat pendapatan pengusaha melalui kegiatan pengembangan usaha batik tulis tenun gedog dilihat dari segi produksi, tingkat kepuasan konsumen dari pemakaian produk dilihat dari segi kualitasnya (2) Pengembangan usaha batik tulis tenun gedog di desa Kedungrejo Kecamatan Kerek (3) faktor pendorong dan penghambat dari pengembangan usaha batik tulis tenun gedog di desa Kedungrejo Kecamatan Kerek. Penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Rencana Strategi berdasarkan program Pengembangan batik tulis tenun gedog berjalan dengan baik dengan hasil yang dikatakan baik pula, walaupun ada sisi kekurangan dari frekuensi pelatihan yang dilakukan. Segala bentuk perhatian pemerintah melalui kegiatan pengembangan usaha batik tulis tenun gedog nampaknya membuahkan hasil positif di mata para pengusaha dan pengrajin. Di mana kegiatan tersebut dapat kembali memulihkan perekonomian masyarakat sekitar dalam mengembangkan usaha batik tulis tenun gedog. Permasalahan yang muncul hanya bersifat elementer yang bersumber dari frekuensi pelatihan, namun hal tersebut mampu diatasi melalui pendekatan yang berkelanjutan yang dilakukan oleh Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban. Dari hasil penelitian dapat disarankan bahwa Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban harus memperhatikan apa yang menjadikan hambatan-hambatanya adalah kurangnya perhatian terhadap pemerintah dalam memberikan modal usaha serta kurangnya perhatian terhadap pelatihan-pelatihan, ketrampilan dalam mengembangkan usaha batik tulis tenun gedog di desa Kedungrejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/327/051308243
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Oct 2013 09:04
Last Modified: 19 Oct 2021 00:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115885
[thumbnail of 051308243.pdf]
Preview
Text
051308243.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item