Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Lingkungan kerja Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo)

Nurmasitha, Faiza (2013) Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Lingkungan kerja Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kompetensi pegawai dan lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan. Apabila aktor pelaksana pekerjaan melaksanakan pekerjaan dengan efektif, efisien dan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan, akan berpengaruh pada citra instansi pemerintahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi pegawai dan lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan, yang terdiri dari variabel kompetensi pegawai dan lingkungan kerja secara simultan terhadap kualitas pelayanan dan untuk mengetahui kompetensi pegawai dan lingkungan kerja secara parsial terhadap kualitas pelayanan. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode penjelasan ( explanatory) . Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data sekunder yang didapat berupa dokumentasi waktu penelitian, dokumen instansi pemerintahan, sejarah instansi pemerintahan dan data sekunder lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 30 responden. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 pegaw ai. Responden adalah pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan pembuktian hipotesis melalui uji F (Simultan) dan uji t (parsial). Berdasarkan hasil yang di dapat dalam penelitian ini yaitu kompetensi pegawai dan lingkungan kerja berpengaruh secara bersama -sama terhadap implementasi kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Selain itu faktor kompetensi pegawai dan lingkungan kerja berpengaruh secara parsial terhadap kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan faktor yang paling dominan mempengaruhi kualitas pelayanan adalah kompetensi pegawai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/297/051307867
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2013 10:40
Last Modified: 18 Oct 2021 20:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115856
[thumbnail of 051307867.pdf]
Preview
Text
051307867.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item