Analisis Kualitas Pelayanan Retribusi Parkir Berlangganan (Studi di Dinas Perhubungan Perihal Parkir Berlangganan di Kabupaten Sidoarjo)

Febrianti, Yulia (2013) Analisis Kualitas Pelayanan Retribusi Parkir Berlangganan (Studi di Dinas Perhubungan Perihal Parkir Berlangganan di Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo adalah organisasi publik yang berperan penting dalam penyelenggaraan layanan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo. Sebagai organisasi penyelanggara layanan publik, Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo harus dapat memberikan pelayanan sesuai dengan hak masyarakat sebagai pengguna jasa parkir berlangganan dan tujuan dari penyelenggaraan parkir berlangganan. Penyelenggaraan pelayanan parkir berlangganan di atur dalam Perda no 2 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Parkir Di Kabupaten Sidoarjo.Secara normatif terdapat beberapa tujuan dari penyelenggaraan pelayanan parkir berlangganan tersebut, parkir berlangganan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa parkir berlangganan, mempermudah pengguna jasa parkir dalam setiap kali parkir kendaraannya, biaya lebih murah dan efisien, dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Parkir berlangganan diharapkan memberikan manfaat kepada pengguna jasa layanan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan parkir berlangganan dan untuk menemukan upaya yang harus dilakukan untuk lebih meningkatkan pelayanan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah (1) Penyelenggaraan pelayanan parkir berlangganan Kabupaten Sidoarjo; (2) Penyebab kegagalan layanan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo; (3) Upaya-upaya yang harus dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo untuk agenda meningkatkan kualitas pelayanan parkir berlangganan kepada pengguna jasa parkir berlangganan.Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri yang dibantu oleh interview guide, file note, dan alat tulis. Metode analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa penyelenggaraan pelayanan parkir berlangganan belum dapat dikatakan baik, hal ini ditunjukkan bahwa penyelenggaraan pelayanan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo kewajiban dan tanggung jawab penyelenggara layanan belum sepenuhnya dilaksanakan, hak pengguna jasa layanan belum seluruhnya dapat dipenuhi, persepsi dan respon pengguna terhadap layanan parkir berlangganan tidak memuaskan, capaian tujuan penyelenggaraan pelayanan parkir berlangganan belum semuanya tercapai, sehingga layanan parkir berlangganan perlu untuk lebih ditingkatkan. Faktor penyebab kegagalan layanan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo adalah (1)Belum adanya kerjasama yang optimal antar stakeholder (2) Masih adanya juru parkir berlangganan yang memungut uang parkir (3) SDM pengawas (4) Sistem pengawas yang kurang optimal (5) Sarana dan prasarana yang kurang (6) Miss oriented. KualitasPelayanan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo perlu untuk lebih ditingkatkan. Terdapat upaya yang harus dilakukan oleh pihak Dinas Perhubungan Kabupten Sidoarjo dalam agenda meningkatkan pelayanan parkir berlangganan. Upaya berbasis strategis dan upaya berbasis sistem. Upaya berbasis strategis yaitu pembinaan dan peningkatan SDM, peningkatan sarana dan prasarana, pemenuhan perlengkapan juru parkir khusus parkir berlangganan, tindakan tegas. Upaya berbasis sistem yaitu perbaikan regulasi, perbaikan sistem pengawasan juru parkir khusus parkir berlangganan Kabupaten Sidoarjo, terciptanya palang pintu otomatis, mempermudah sistem pengaduan masyarakat, rencana pemberlakuan kartu parkir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/296/051307866
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2013 12:53
Last Modified: 18 Oct 2021 20:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115855
[thumbnail of 051307866.pdf]
Preview
Text
051307866.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item