Fendini, DianSeptiayu (2013) Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna (Survei pada Karyawan Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) di PT. PLN (Persero) Area Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kepuasan pengguna secara umum ditentukan oleh terpenuhi tidaknya harapan pengguna. Kepuasan pengguna merupakan salah satu faktor penting dalam mengukur kesuksesan suatu sistem informasi. Kepuasan pengguna akan timbul apabila sistem informasi yang digunakan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna dalam melaksanakan pekerjaannya. Kepuasan pengguna sistem berhubungan dengan kualitas sistem dan kualitas informasi yang dihasilkan oleh sistem. Apabila kualitas sistem baik menurut persepsi pemakainya, maka pemakai akan cenderung merasa puas dalam menggunakan sistem tersebut. Pengguna sistem informasi tentu berharap bahwa dengan menggunakan sistem informasi yang mereka butuhkan. Sistem informasi yang mampu menghasilkan informasi dengan tepat waktu, akurat, dan relevan akan berdampak terhadap kepuasan penggunanya. Sistem informasi yang digunakan oleh PT. PLN (Persero) Area Malang saat ini adalah Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). Sebelum AP2T diimplementasikan, pelanggan PLN masih mendapatkan layanan dengan mekanisme dan sistem yang beragam serta tidak transparan. AP2T yang menghadirkan pelayanan yang terpusat dan terpadu menyebabkan tingkat kompleksitas sistem yang cukup tinggi, dikarenakan satu aplikasi ini mencakup berbagai jenis kegiatan. Kompleksitas ini, selain menyebabkan sistem cukup sulit digunakan, juga memiliki masalah lain seperti apabila terjadi putusnya server dari pusat atau permasalahan jaringan, maka respon sistem dalam menghasilkan informasi akan terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas sistem (X 1 ) dan kualitas informasi (X 2 ) secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pengguna AP2T (Y). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan variabel mana diantara kualitas sistem (X 1 ) dan kualitas informasi (X 2 ) yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pengguna AP2T (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, yang dilakukan terhadap 15 orang karyawan pengguna AP2T di PT. PLN (Persero) Area Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS v16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem (X 1 ) dan kualitas informasi (X 2 ) secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pengguna AP2T (Y). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kualitas informasi (X 2 ) memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pengguna AP2T (Y). Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan kualitas sistem yang baik dan informasi yang dihasilkan akurat, tepat waktu, dan berkualitas, maka akan meningkatkan kepuasan pengguna sistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/285/051307855 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Oct 2013 14:15 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 20:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115845 |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
TANDA_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |