Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota M

Anggraeni, Feni Dwi (2013) Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota M. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian rakyat dan kesejahteraan masyarakat masih memiliki beberapa kendala dalam proses pengembangannya. Akan tetapi potensi ini akan berkembang dengan adanya dukungan dari pihak eksternal yaitu Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang dalam memberikan fasilitas agar usaha yang berpotensi ini dapat berkembang dengan baik. Sebagaimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan UMKM melalui fasilitasi pihak eksternal dan potensi internal serta mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh UMKM "Emping Jagung" di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara , observasi/pengamatan dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman (1984) melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan secara internal dari kelompok usaha "Emping Jagung" di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang dalam meningkatkan potensi serta kemajuan usahanya dengan cara menggunakan modal awal dengan tabungan sendiri, melakukan inovasi untuk hasil produksinya, memperluas jaringan pemasaran, dan melengkapi sarana dan prasarana usahanya. Selain itu, fasilitasi dari pihak eksternal yaitu Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang telah membantu dalam pengembangan UMKM emping jagung seperti memberikan akses UMKM terhadap sumber-sumber permodalan, mengadakan pembinaan dan pelatihan, kegiatan promosi produk, memperluas pemasaran produk, serta menyediakan sarana dan prasarana. Namun diketahui hasilnya belum merata dan beberapa pengusaha terkendala dengan meningkatnya harga bahan baku, keterbatasan kemampuan sumber daya manusia, memiliki permasalahan dalam permodalan, kurangnya sarana dan prasarana serta kurangnya akses pemasaran produk. Saran dalam penelitian ini antara lain: (a) pengusaha emping jagung di Kelurahan Pandanwangi perlu mengasah potensi yang dimiliki dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah, (b) perlu adanya sosialisasi yang merata serta membuka informasi seluas-luasnya bagi pengusaha emping jagung terhadap program-program yang dijalankan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, (c) perlu meningkatkan pembinaan dan pelatihan serta menyediakan jaringan pemasaran bagi pengusaha UMKM, (d) pemerintah perlu mempermudah akses permodalan serta perlu meningkatkan sarana dan prasarana seperti difungsikannya kembali sarana Klinik UMKM, (e) perlu meng- update jumlah UMKM yang ada di seluruh kota Malang untuk mempermudah dalam memberikan pelatihan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/270/051307840
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2013 12:25
Last Modified: 14 Feb 2022 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115831
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item