Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap PT. Mustika Bahana Jaya, Lumajang),

Pradana, MarthaAndy (2013) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap PT. Mustika Bahana Jaya, Lumajang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gaya kepemimpinan adalah pola tingkah laku seorang pemimpin ketika mencoba mempengaruhi bawahannya. Terdapat berbagai macam gaya kepemimpinan yang diterapkan pemimpin ketika mencoba mempengaruhi bawahannya seperti gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional. Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap kinerja karyawan, apakah gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dan apakah gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan ( explanatory ) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah karyawan tetap PT. Mustika Bahana Jaya Lumajang dengan jumlah 71 orang. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu dengan menyebar kuesioner dan data sekunder yaitu dengan dokumentasi. Dalam penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dan perhitungan statistiknya menggunakan software SPSS versi 15.0. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, variabel gaya kepemimpinan transaksional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, dan secara simultan gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional memiliki R Square sebesar 0,484 yang berarti dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 48,4% dimana sisanya sebesar 51,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Saran dari peneliti adalah hendaknya pemimpin PT. Mustika Bahana Jaya mempertahankan gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional yang telah diterapkan pada karyawan karena dapat meningkatkan kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/251/051306486
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2013 15:25
Last Modified: 18 Oct 2021 18:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115815
[thumbnail of daftar_pustaka_revisi_4_jos.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka_revisi_4_jos.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi_pdf.pdf]
Preview
Text
daftar_isi_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_pdf.pdf]
Preview
Text
Cover_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN_pdf.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item