Pengaruh Komunikasi Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Tahun Angkatan 2008/2009 dan 2009/2010 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijay

Novandi, BrillianDwi (2012) Pengaruh Komunikasi Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Tahun Angkatan 2008/2009 dan 2009/2010 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijay. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel dalam komunikasi word of mouth yang mempengaruhi keputusan pembelian handphone Blackberry dan untuk mengetahui variabel komunikasi word of mouth yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian handphone Blackberry. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dan bentuk pengamatan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Tahun Angkatan 2008/2009 dan 2009/2010 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang membeli handphone merek Blackberry. Jumlah sampel yang ditelti sebanyak 112 responden, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Hasil perhitungan statistik analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 29,008, sedangkan F tabel pada taraf signifikan 0,05 menunjukan nilai sebesar 3,08. Hal tersebut menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari F tabel sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Keputusan pembelian. Dari hasil analisis juga diperoleh hasil Adj. R Square sebesar 0,335. Artinya bahwa 33,5% variabel keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, Hasil Uji t menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial pada variabel Pemimpin Opini (X2) dengan nilai t hitung = 6,582, dan sig. t = 0,000, namun ada pengaruh yang tidak signifikan pada variabel Kelompok Rujukan (X1) dengan nilai t hitung = 1,569, dan sig t = 0, (α<0,05), dengan P=0,000 dengan arah positif sehingga menghasilkan keputusan Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel Pemimpin Opini (X2) mempunyai nilai t hitung dan koefisien β yang paling besar. Yaitu t hitung sebesar 6,582 dan koefisien β=0,537. Sehingga variabel Pemimpin Opini (X2)mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya maka dapat disimpulkan bahwa variabel Pemimpin Opini (X2) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama dan parsial variabel bebas terhadap variabel Keputusan pembelian dapat diterima dan variabel Pemimpin Opini (X2) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian handphone merek Blackberry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/94/051202260
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Aug 2012 15:25
Last Modified: 19 Oct 2021 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115791
[thumbnail of 051202260.pdf]
Preview
Text
051202260.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item