Peningkatan Kinerja Pegawai Dalam Rangka Mengoptimalkan Mutu Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo)

PriyoS,DwiAnung (2012) Peningkatan Kinerja Pegawai Dalam Rangka Mengoptimalkan Mutu Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sudah saatnya bidang ketenagakerjaan menjadi kebijakan publik dalam pembangunan daerahnya, ketika pemerintah dihadapkan dengan kenyataan mengenai penataan sektor tenaga kerja dan diikuti tuntutan masyarakat terhadap ketenagakerjaan maka kemudian pemerintah perlu menyusun kebijakan publik sektor ketenagakerjaan. Sebagai salah satu indikator keberhasilan kinerja sistem ketenagakerjaan adalah terlaksananya pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja secara efektif, bermutu tinggi, efisien, dan akuntabel dalam kerangka satu sistem ketenagakerjaan yang salah satunya ditandai dengan terbentuknya o rganisasi dan manajemen profesional yang fungsional di tingkat institusi yang mempergunakan tenaga kerja, disamping itu juga terjaminnya pelaksanaan. Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Untuk mewujudkan tujuan tersebut Departemen Kesehatan RI telah membuat visi Indonesia Sehat 2010, yang merupakan cerminan masyarakat yang ditandai masyarakat yang hidup dengan perilaku dan lingkungan yang sehat, serta memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata. Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Perlu kiranya dipahami bahwa Puskesmas merupakan public service yang padat karya, padat teknologi dan padat modal dengan memiliki sifat non for profit organization. Di Indonesia pembangunan dibidang kesehatan memerlukan peningkatan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan. Oleh karena itu manajemen pelayanan Puskesmas perlu mengalami proses perubahan dalam menghadapi persaingan di era globalisasi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut penelitian ini mengambil judul Peningkatan Kinerja Pegawai Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Dinas Kesehatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/68/051200841
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2012 10:49
Last Modified: 19 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115762
[thumbnail of 051200841.pdf]
Preview
Text
051200841.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item