Pengaruh kematangan bawahan terhadap gaya kepemimpinan (Studi Pada Karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Malang)

Anggoro,DamasDwi (2012) Pengaruh kematangan bawahan terhadap gaya kepemimpinan (Studi Pada Karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari sangat sedikitnya pemimpin organisasi yang memahami akan pentingnya mengetahui tingkat kematangan bawahan, padahal sangat dibutuhkannya seorang pemimpin yang mampu untuk mengarahkan para bawahannya agar bisa bekerjasama dalam mencapai tujuan organisasi. Peran seorang pemimpin dalam mengatur bawahannya sangatlah penting karena pada dasarnya kepemimpinan itu bagaimana mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu proses pengelolahan SDM harus disertai dengan pemahaman tentang tingkat kematangan bawahan, agar tercipta kondisi dimana seorang pemimpin mampu mengatur bawahannya secara tepat sehingga bawahan dapat lebih produktif dalam bekerja . Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah tingkat kematangan bawahan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap gaya kepemimpinan karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. cabang Malang dengan menekankan pada tingkat kematangan bawahan yang diilhami oleh Teori Kepemimpinan Situasional milik Hersey dan Blanchard. Melalui metode explanatory research, diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh dari tingkat kematangan bawahan terhadap perilaku tugas dan perilaku hubungan pemimpin dengan persamaan Y = 12,16 + 1,013 X dan nilai t hitung > t tabel (4,24 > 2,042) dan signifikansi sebesar (0,003 < 0,05) sehingga dapat dikatakan bahwa variabel tingkat kematangan bawahan (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku tugas dan perilaku hubungan pemimpin (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/64/051200790
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2012 10:18
Last Modified: 18 Oct 2021 18:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115748
[thumbnail of 051200790.pdf]
Preview
Text
051200790.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item