Perencanaan Strategi Pengembangan Pariwisata Kota Kediri (Studi Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kota Kediri)

Reny,PramesthiArumPuspita (2012) Perencanaan Strategi Pengembangan Pariwisata Kota Kediri (Studi Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang “Perencanaan Strategi Pengembangan Pariwisata Kota Kediri” dengan permasalahan bagaimana perencanaan strategi Disbudparpora Kota Kediri dalam mendukung pengembangan pariwisata serta tingkat kesesuaian Rencana strategi dengan Rencana kerja Disbudparpora Kota Kediri yang ada. Penelitian ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Teori Analisis SWOT. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Metode ini menggunakan data primer dan sekunder; teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi; instrument yang digunakan yaitu penelitian sendiri, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi; metode analisa meliputi reduksi data, penyajian data, dan diakhiri penarikan kesimpulan. Dalam Perencanaan Strategi Pengembangan Pariwisata Disbudparpora Kota Kediri dibutuhkan perencanaan strategi Disbudparpora Kota Kediri dalam mendukung pengembangan pariwisata agar dalam penerapannya sesuai antara Rencana strategi dengan Rencana kerja Disbudparpora Kota Kediri. Melihat hasil penelitian yang dilakukan pada instansi dan pihak terkait maka langkah yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan perencanaan strategi yaitu menentukan strategi pengembangan dengan menganalisis kondisi lingkungan dan sumber daya pariwisata, selain itu adalah pembagian kawasan strategis dalam beberapa wilayah Kota Kediri menurut potensi daerah masing-masing yang nantinya diharapkan dampak pengembangan pariwisata dapat dirasakan oleh seluruh penduduk Kota Kediri. Sehingga dari hasil penelitian maka peneliti memberikan beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk menunjang keberhasilan perencanaan strategi antara lain peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dan potensi serta keunggulan yang dimiliki obyek wisata di Kediri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/62/051200786
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2012 09:56
Last Modified: 18 Oct 2021 18:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115745
[thumbnail of 051200786.pdf]
Preview
Text
051200786.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item