Penggunaan Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Dasar Pertimbangan Keputusan Pemberian Kredit Modal Kerja (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Malang

Pamungkas, Dara Rizqi (2012) Penggunaan Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Dasar Pertimbangan Keputusan Pemberian Kredit Modal Kerja (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan analisis rasio keuangan yang digunakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Malang (BRI) sebagai salah satu alat pertimbangan dalam menentukan keputusan pemberian kredit modal kerja. Dilihat dari cara atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif karena penelitian ini menggambarkan atau mendeskripsikan sejumlah variable dari obyek yang diteliti. Metode penelitian studi yang menggunakan analisis rasio keuangan sebagai salah satu alat non statistik tanpa menghindari kemungkinan penggunaan angka-angka sebagai data kuantitatif. Lokasi yang dipilih sebagai tempat penelitian adalah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk yang terletak di Jalan Kawi Malang. Analisis data yang dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan calon debitur dengan menggunakan teknik analisis rasio keuangan yang digunakan oleh BRI dan analisis rasio keuangan yang digunakan pada umumnya sebagai pembanding perhitungan rasio keuangan yang sudah dilakukan oleh BRI. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum mengambil keputusan atas permohonan kredit modal kerja, BRI melakukan penilaian baik penilaian secara kualitatif maupun secara kuantitatif yang terangkum dalam prinsip 5 C’s of kredit. Analisa kuantitatif dilakukan dengan cara menganalisis laporan keuangan perusahaan calon debitur untuk mengetahui permohonan kredit dapat diterima atau ditolak. Dalam menganalisis laporan keuangan perusahaan calon debitur, BRI menggunakan teknik analisis rasio keuangan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan BRI. Penerapan analisis rasio keuangan pada BRI menggunakan standart analisis tersendiri. Terdapat Sembilan perhitungan yang digunakan oleh BRI. Namun analisis yang dilakukan oleh BRI tetap tidak terlepas dari perhitungan rasio keuangan pada umumnya, terbukti jika empat dari sebilan perhitungan yang digunakan BRI diantaranya menggunakan analisis keuangan yang digunakan pada umumnya. Untuk memperoleh hasil yang lebih sempurna, maka pihak bank dapat meminta laporan keuangan yang sudah diaudit dari calon debitur dan lebih memperhatikan standar rasio sesuai dengan teori yang ada. Analisis kredit secara kualitatif maupun kuantitatif harus dilakukan secara seimbang saling mendukung satu dengan lainnya agar dapat melengkapi hasil analisis yang dilakukan oleh bank. Dalam rangka untuk menghindari kemungkinan resiko yang ada dan untuk menghindari kesalahan dalam pengambilan keputusan penyaluran kredit, pihak BRI dapat menambah beberapa teknik analisis laporan keuangan perusahaan calon debitur agar dapat menjamin kredit yang telah disalurkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/613/051205995
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Jan 2014 11:44
Last Modified: 17 Nov 2021 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115743
[thumbnail of DARA_GABUNGAN.pdf]
Preview
Text
DARA_GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item