R, MochAffandiYuda (2012) Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Kartu Perdana IM3 Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2011/2012 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawij. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perang terbuka antar operator telekomunikasi seluler telah membuat berbagai kebijakan strategi pemasaran diterapkan. Hal ini membuat pola pikir konsumen berubah sejalan dengan kondisi kebijakan strategi yang bersifat fluktuatif. Hal inilah yang memicu peneliti untuk mengetahui lebih dalam sejauh mana Bauran Komunikasi Pemasaran mampu mempengaruhi Keputusan Pembelian di tengah carut marutnya persaingan dalam industri telekomunikasi seluler. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : (1) untuk mengetahui pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran yang terdiri dari variabel Periklanan, variabel Promosi Penjualan, variabel Acara Khusus dan Pengalaman, variabel Hubungan Masyarakat dan Publisitas, variabel Pemasaran Langsung dan Interaktif, variabel Pemasaran dari Mulut ke Mulut dan variabel Penjualan Perseorangan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian, (2) untuk mengetahui pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran yang terdiri dari variabel Periklanan, variabel Promosi Penjualan, variabel Acara Khusus dan Pengalaman, variabel Hubungan Masyarakat dan Publisitas, variabel Pemasaran Langsung dan Interaktif, variabel Pemasaran dari Mulut ke Mulut dan variabel Penjualan Perseorangan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan Non-Probability Sampling dengan teknik Sampling Aksidental. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna kartu perdana IM3 mahasiswa Jurusan Adminitrasi Bisnis angkatan 2011 / 2012 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Hasil survei pendahuluan menemukan jumlah populasi sebanyak 138 orang. Menggunakan rumus Taro Yamane dengan tingkat presisi sebesar 10%, diketahui jumlah sampel sebanyak 58 orang. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda dengan tingkat signifikan 0,05 yang diolah menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) secara parsial, semua variabel Bauran Komunikasi Pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan variabel Periklanan sebagai variabel yang dominan dengan nilai koefisien beta sebesar 0,270, (2) secara simultan, semua variabel Bauran Komunikasi Pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan besaran pengaruh sebesar 76,5% dan tingkat korelasi yang sangat kuat yaitu sebesar 0,891.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/592/051204737 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 04 Dec 2012 10:41 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 17:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115721 |
Preview |
Text
13-BAB_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
14-BAB_2.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
15-BAB_3.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
16-BAB_4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
17-BAB_5.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |