Gambaran Pelaksanaan Pemberian Insentif Karyawan PT. Telkomvision Area Malang

WardhanaMuhammadAkbar (2012) Gambaran Pelaksanaan Pemberian Insentif Karyawan PT. Telkomvision Area Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Insentif merupakan imbalan langsung yang dibayarkan kepada karyawan karena kinerjanya melebihi standar yang di tentukan. PT. TelkomVision merupakan anak perusahaan dari PT. Telkom Indonesia yang bergerak dibidang televisi satelit/parabola. Sebagai perusahaan jasa, PT. TelkomVision harus mampu memberikan pelayanan yang baik pada pelanggannya sehingga diperlukan adanya upaya untuk mencapai peningkatan kinerja karyawan yang salah satunya dipengaruhi oleh pelaksanaan pemberian insentif. Jika perusahaan menginginkan peningkatan kinerja karyawan maka pelaksanaan pemberian insentif menjadi faktor penting yang harus ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan pemberian insentif karyawan di PT. TelkomVision area Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah penggambaran proses pelaksanaan pemberian insentif terhadap karyawan dimana secara spesifik dapat dilihat dari data catatan dan dari wawancara. Lokasi penelitiannya berada di Gedung Plasa Telkom Blimbing Jl. A. Yani No. 11, Malang. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi melalui instrument penelitian berupa pedoman wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan teori yang telah disebutkan pada bab dua. Hasil penelitian menunjukkan PT. TelkomVision, Tbk. Area Malang telah melakukan perencana pemberian insentif kepada para karyawannya dan telah sukses dalam merencanakan pemberian insentif bagi karyawannya. PT. TelkomVision, Tbk. Area Malang telah menerapkan semua kebijakan yang telah direncanakan sebelumnya tentang pemberian insentif. PT. TelkomVision, Tbk. Area Malang telah menerapkan 4 (empat) jenis insentif yang mengacu pada waktu. Perusahaan juga menerapkan Spot bonus (bonus di tempat), Upah Variabel, Insentif untuk para manajer dan eksekutif dan Insentif untuk profesional lain. Alasan yang mendasari pemberian insentif kepada karyawan adalah untuk menekan tingginya labour turn over/keluar masuknya karyawan, memberikan motivasi kepada karyawan agar bekerja lebih giat, memberikan rasa aman saat bekerja, penghargaan perusahaan kepada karyawan, pelaksanaan peraturan pemerintah, meningkatkan kesejahteraan hidup para karyawannya dan agar karyawan mempunyai rasa tanggung jawab yang besar terhadap beban kerja yang diembannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/571/051204403
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 05 Dec 2012 14:58
Last Modified: 18 Oct 2021 17:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115702
[thumbnail of Muhammad_Akbar_Wardhana_0510320107.pdf]
Preview
Text
Muhammad_Akbar_Wardhana_0510320107.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item