Analisis Variasi pH pada Dye Berbahan Dasar Antosianin dari Blueberry dalam Perancangan DSSC

Fadillah, Muhammad Ivan (2018) Analisis Variasi pH pada Dye Berbahan Dasar Antosianin dari Blueberry dalam Perancangan DSSC. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Antosianin adalah suatu jenis zat warna yang mudah ditemui di alam dapat menyerap cahaya tampak dengan panjang gelombang 400nm – 600nm. Kemampuan menyerap cahaya yang baik ini dimanfaatkan dalam perancangan DSSC. Beberapa jenis buah seperti strawberry, terong belanda, buah naga dan blueberry mengandung antosianin dalam jumlah cukup besar. Antosianin memiliki sifat yang unik untuk diteliti dan diterapkan pada perancangan DSSC. Keadaan antosianin yang cenderung stabil di pH rendah sehingga DSSC dapat menghasilkan output maksimum. Perancangan DSSC menggunakan kaca TCO dengan ukuran daerah aktif 2 × 2 cm. TiO2 digunakan sebagai medium penyalur elektron dari Dye ke beban dan dilapiskan dengan metode Spin Coating. Elektrolit berupa Iodin digunakan untuk mengangkut elektron dari elektroda pembalik yang menggunakan karbon untuk menstabilkan Dye yang kehilangan elektron. Percobaan dilakukan dengan menggunakan cahaya matahari AM 1,5 dan cahaya lampu LED 10 Watt. Penelitian menggunakan 4 sampel dengan pH 1,5 , 2 , 2,6 dan 4,4. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, sampel dengan Dye pH 1,5 memiliki output tegangan dan arus terbesar menggunakan pencahayaan cahaya matahari AM 1,5 ataupun lampu LED 10 Watt. Pada percobaan menggunakan cahaya matahari AM 1,5 diperoleh efisiensi 1,36×10−4% dan pada percobaan menggunakan lampu LED 10 watt diperoleh efisiensi sebesar 2.98×10−6%. Output yang dihasilkan DSSC semakin meningkat seiring dengan menurunnya pH dye yang digunakan hingga mendekati nilai 1.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/312/051804182
Uncontrolled Keywords: Antosianin, Spin Coating, DSSC, Blueberry, Dye
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jun 2018 02:38
Last Modified: 21 Oct 2021 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11570
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (974kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (752kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item