Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan (Survey pada PT. Prima Anugerah Perkasa Malang)

Azzuhri, FidaShihab (2012) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan (Survey pada PT. Prima Anugerah Perkasa Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan (Survey pada PT. Prima Anugerah Perkasa Malang),”, dilatarbelakangi perubahan yang dinamis menimbulkan ketidakpastian yang tinggi akibat cepatnya perkembangan perusahaan. Hal ini bisa mengakibatkan kinerja karyawan yang tidak baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatori/ penelitian penjelasan dengan mengunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan antara variabel bebas Gaya Kepemimpinan Transformasional (X1) dan Variabel Komitmen Organisasional (X2) dengan Kinerja Karyawan (Y) sebagai variabel terikat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Prima Anugerah Perkasa Malang, dengan jumlah populasi 125 orang dan diambil sebagai sampel dengan menggunakan teknik proportional random sampling sejumlah 56 orang responden. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk mengetahui besarnya pengaruh antara sebuah variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji F digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap variabel terikat. Uji t digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh Variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Variabel Komitmen Organisasional secara parsial terhadap Variabel Kinerja Karyawan. Hasil pengujian regresi linier berganda menunjukkan bahwa Variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional (X1) dan Variabel Komitmen Organisasional (X2) secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Variabel Kinerja Karyawan (Y). Hal ini terlihat dari nilai signifikansi F adalah 0,000 sedangkan signifikansi α = 0,05 sehingga Sig. F < Sig. α (0,000 < 0,05) dan angka koefisien regresi (b) sebesar 0,446 atau memiliki kotribusi sebesar 44,6% terhadap Variabel Kinerja Karyawan (Y). Hasil pengujian parsial menunjukkan bahwa Variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel Kinerja Karyawan (Y) dengan koefisien determinanya (r2) 0,2153 atau memiliki kontribusi sebesar 21,53% terhadap Variabel Kinerja Karyawan (Y). Sedangkan Variabel Komitmen Organisasional (X2) secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan denagn koefisien determinanya sebesar 0.0767 atau memiliki kotribusi 7,67% terhadap Variabel Kinerja Karyawan (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/568/051204400
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 05 Dec 2012 14:13
Last Modified: 18 Oct 2021 17:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115697
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
2._PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._PENGESAHAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
3._PENGESAHAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._Ringkasan_dan_Summary.pdf]
Preview
Text
4._Ringkasan_dan_Summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._DAFTAR_IS1.pdf]
Preview
Text
6._DAFTAR_IS1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_I.pdf]
Preview
Text
7._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_II.pdf]
Preview
Text
8._BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_III.pdf]
Preview
Text
9._BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
10._BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 11._BAB_V.pdf]
Preview
Text
11._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
12._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13._LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
13._LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item