Manajemen Database Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Berbasis Komputer (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang),

Widiyaningtyas, AryYulia (2012) Manajemen Database Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Berbasis Komputer (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) adalah suatu sistem informasi yang terdiri dari komponen-komponen sebuah sistem informasi untuk melakukan pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan peremajaan data kepegawaian dalam sebuah database berbasis komputer sebagai wujud dari implementasi e-Government dan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Sistem informasi ini merupakan salah satu wujud pemanfaatan e- Government yang pada saat ini sangat diperlukan dalam mengoptimalkan peran pemerintah dalam memberikan pelayanan dan pengelolaan administrasi berbasis elektronik, salah satunya adalah administrasi kepegawaian. Penelitian ini ditujukan untuk memahami, mendeskripsikan, dan menganalisis manajemen struktur database SIMPEG dan kontribusinya terhadap pengelolaan data-data kepegawaian. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang. Peneliti mengamati fenomena, mendeskripsikan dan menganalisis rincian suatu keadaan yang berhubungan dengan obyek dan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengelolaan database SIMPEG mengacu pada konsep e-Government , teori sistem informasi manajemen, database, administrasi kepegawaian, serta konsep dari SIMPEG. Pelaksanaan pengembangan SIMPEG beserta database nya telah berjalan sesuai dengan dasar hukum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Begitu pula pada penyediaan komponen sistem informasi yang merupakan elemen penting dalam menunjang keberhasilan pengelolaan database kepegawaian. Walaupun telah berjalan sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan, akan tetapi proses pengumpulan data dan peremajaan data masih terdapat hambatan di dalamnya. Sedangkan mengenai kontribusi database yang dikelola oleh BKD Kota Malang telah menunjukkan peran dan fungsinya dalam mendukung efektifitas dan efisiensi pengelolaan administrasi kepegawaian. Walaupun telah memberikan kontribusi yang positif, temuan ide baru untuk pengoptimalan isi dari struktur database SIMPEG juga peneliti kemukakan pada analisis data dengan tujuan agar database SIMPEG yang dikelola oleh BKD Kota Malang dapat lebih mendukung pengelolaan administrasi kepegawaian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/563/051204395
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Nov 2012 14:14
Last Modified: 18 Oct 2021 16:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115692
[thumbnail of 051204395.pdf]
Preview
Text
051204395.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item