Skenario Kebijakan Kesehatan Masyarakat dalam Perspektif Post Development (Studi Penelitian di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang)

Rofiana, Vifin (2012) Skenario Kebijakan Kesehatan Masyarakat dalam Perspektif Post Development (Studi Penelitian di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah kesehatan selalu menjadi isu utama yang dihadapi oleh semua negara di dunia. Hal ini dikarenakan kesehatan menjadi modal utama dalam proses pembangunan nasional. Bahkan masalah kesehatan saat ini sudah menjadi isu global yang ditandai dengan adanya komitmen dalam MDGs. Di Indonesia, kondisi kesehatan yang rendah menjadikan perumusan kebijakan kesehatan terdesentralisasi. Kabupaten Jombang adalah salah satu kabupaten yang menerapkan desentralisasi ini. Dengan melihat data dari IPM dan PDRB Kabupaten Jombang ternyata terdapat disparitas pembangunan khususnya pembangunan kesehatan yaitu di Kecamatan Wonosalam yang menempati posisi terendah. Rendahnya tingkat kesehatan di Kecamatan Wonosalam ini perlu ditelaah lebih lanjut. Hal ini karena konsep kesehatan sendiri tidak hanya dapat dilihat dari segi medis tetapi juga dapat dilihat dari segi non medis atau kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan suatu skenario kebijakan kesehatan masyarakat yang didasarkan pada potensi lokal masyarakat (social capital) yang menjadi salah satu altenative pembangunan kesehatan yang didasarkan pada paradigma post development. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis domain menurut James Spradley. Hal ini dikarenakan untuk mengetahui kondisi kesehatan masyarakat di Kecamatan Wonosalam diperlukan penelitian yang rinci mengenai budaya masyarakat dalam menjaga kesehatan yang berhubungan dengan social capital yang dimiliki. Selanjutnya diperoleh gambaran secara umum yang dapat dijadikan bahan untuk membuat suatu skenario kebijakan kesehatan masyarakat dalam perspektif post development. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi lingkungan dan perilaku masyarakat dalam menjaga kesehatan masih rendah yang secara tidak langsung mempengaruhi tingkat derajat kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, peneliti membuat skenario kebijakan kesehatan masyarakat dengan melihat social capital masyarakat dan Analisis SWOT. Namun, kendala yang dihadapi adalah kurangnya prasarana seperti jalan umum yang dapat mendukung tercapainya pembangunan kesehatan ini. Penyediaan sarana ini sesuai dengan Teori Adam Smith mengenai peranan pemerintah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebijakan kesehatan di Indonesia masih bersifat karikatif. Hal-hal yang perlu dilakukan pemerintah adalah penyediaan sarana dan prasarana pendukung kesehatan, menjalin kerjasama lintas sektor serta memperhatikan faktor ekonomi, pendidikan dan sosial masyarakat sesuai dengan Teori Hygiene Herzberg.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/561/051204393
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Dec 2012 08:59
Last Modified: 18 Oct 2021 16:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115690
[thumbnail of SKRIPSI_PDF_LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PDF_LENGKAP.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item