Penerapan Model Economic Order Quantity (EOQ) dalam Pembelian Bahan Baku yang Optimal Guna Meminimalkan Biaya Persediaan (Studi pada PT. Karya Timur Prima Malang)

Wulandari, RestiKurniawati (2012) Penerapan Model Economic Order Quantity (EOQ) dalam Pembelian Bahan Baku yang Optimal Guna Meminimalkan Biaya Persediaan (Studi pada PT. Karya Timur Prima Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persediaan bahan baku pada perusahaan manufaktur merupakan komponen yang paling penting dalam proses produksi sehingga perlu adanya perencanaan dalam pembelian bahan baku dan pengendalian biaya dalam pengadaan bahan baku. Dengan adanya perencanaan pembelian bahan baku maka perusahaan tidak akan kekurangan ataupun kelebihan bahan baku. Kekurangan bahan baku akan memperbesar biaya pemesanan. Kelebihan bahan baku akan menyebakan biaya penyimpanan yang tinggi sehingga apabila perusahaan akan menginvestasikan dana dalam persediaan maka perusahaan harus mempertimbangkan biaya dan manfaatnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebijakan pembelian bahan baku yang diterapkan perusahaan dan total biaya persediaan yang dikeluarkan serta untuk mengetahui apakah penerapan Economic Order Quantity (EOQ) pembelian bahan baku dapat meminimalkan total biaya persediaan. Penelitian ini mengambil lokasi pada perusahaan rokok PT Karya Timur Prima Malang dengan alasan perusahaan tersebut melakukan kebijakan pembelian bahan baku yang melebihi kebutuhan dan frekuensi pembelian yang terlalu banyak. Hal ini dapat menyebabkan besarnya total biaya persediaan yang ditanggung perusahaan sehingga diperlukan perencanaan pembelian bahan baku dengan model EOQ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif karena dalam menganalisis data menggunakan rumus-rumus. Peneliti berusaha menggambarkan kebijakan pembelian bahan baku yang diterapkan perusahaan dan penerapan EOQ untuk mengetahui kuantitas yang optimal beserta total biaya yang minimal. Berdasarkan hasil analisis jika perusahaan menerapkan pembelian bahan baku dengan model EOQ maka pada tahun 2012 terdapat selisih biaya persediaan yang merupakan penghematan bagi perusahaan yaitu sebesar Rp 2.590.709,55 untuk bahan baku filter dan Rp 3.738.332,551 untuk bahan baku kertas ambri. Dengan demikian apabila PT Karya Timur Prima Malang menerapkan model EOQ maka total biaya persediaan yang dikeluarkan perusahaan akan lebih kecil jika dibanding sebelum perusahaan menerapkan model EOQ.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/56/051200780
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jul 2012 10:47
Last Modified: 18 Oct 2021 16:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115688
[thumbnail of 051200780.pdf]
Preview
Text
051200780.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item