Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (Studi kasus di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek)

Aristo, Wahyu (2012) Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (Studi kasus di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penegakan disiplin merupakan hal yang sangat penting untuk menciptakan birokrasi yang baik berkenaan dengan manajemen sumber daya manusia. Terjadinya peningkatan pelanggaran disiplin PNS di Kabupaten Trenggalek setelah adanya Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil menjadi latar belakang yang menarik untuk mengetahui proses implementasi yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek sebagai lembaga teknis daerah bidang kepegawaian. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang telah dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek, dampak serta faktor-faktor yang mendukung maupun yang menghambat proses tersebut. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendiskripsikan, menguraikan, menginterpretasikan permasalahan dan kesimpulan secara sistematis dan dapat dipertanggung jawabkan. Di lapangan, peneliti menemukan adanya berbagai masalah sehingga terjadi tingkat indisipliner yang tinggi. Jangkauan sosialisasi yang tidak menyeluruh, koordinasi dengan atasan langsung yang kurang mengena, sampai kepada proses penjatuhan hukuman bagi tindak indisipliner yang tidak sesuai peraturan. Meskipun begitu, proses penjatuhan hukuman ini didukung oleh aturan yang jelas sebagai rujukan dan secara umum Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Trenggalek mempunyai mental kepatuhan yang baik. Peneliti merekomendasikan untuk memaksimalkan dukungan yang ada, memantapkan sosialisasi, pembinaan dan koordinasi, dan memproses tindakan indisipliner sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/559/051204391
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Nov 2012 14:22
Last Modified: 18 Oct 2021 16:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115687
[thumbnail of 051204391.pdf]
Preview
Text
051204391.pdf

Download (14MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item