Pelaksanaan Program ILP (Integritas Layanan Publik) di PT. PLN (PERSERO) dalam Rangka Mewujudkan GCG ( Good Corporate Governance) (Studi pada PT. PLN (PERSERO) Area Malang),

Ramadhan, RizkyKharisma (2012) Pelaksanaan Program ILP (Integritas Layanan Publik) di PT. PLN (PERSERO) dalam Rangka Mewujudkan GCG ( Good Corporate Governance) (Studi pada PT. PLN (PERSERO) Area Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

BUMN (Badan Usaha Milik Negara) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasala dari kekayaan negara yang dipisahkan. BUMN memegang peranan yang signifikan dan berpengaruh terhadap kinerja perekonomian nasional. Oleh karena itu, BUMN perlu dikelola secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsipprinsip GCG ( Good Corporate Governance ) yang terdapat pada Surat Keputusan Menteri BUMN No. 117/M-MBU/2002 tanggal 31 Juli 2002 tentang Penerapan GCG ( Good Corporate Governance ) pada BUMN. PT. PLN (PERSERO) Area Malang merupakan salah satu BUMN yang mendapatkan perhatian dalam penerapan GCG ( Good Corporate Governance ). Namun dalam perjalanan bisnisnya, masyarakat sebagai penerima pelayanan masih mengeluhkan adanya pelayanan yang tidak sesuai dengan harapan. Bahkan, sikap masyarakat yang ingin serba instan dalam memperoleh pelayanan, menjadi kendala tersendiri bagi pihak PT. PLN (PERSERO) Area Malang dalam menjalankan bisnisnya. Berangkat dari permasalahan tersebut dan demi tercapainya tujuan perusahaan PT. PLN (PERSERO) Area Malang membuat program ILP (Integritas Layanan Publik) dimana merupakan suatu bentuk komitmen yang harus dimiliki dan dijunjung tinggi oleh seluruh aparat pelayanan publik dalam berkerja agar tidak menimbulkan hal-hal yang dapat merugikan instansi yang bersangkutan dan masyarakat sebagai penerima pelayanan. Oleh karena itu, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah memgetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pelaksanaan program ILP (Integritas Layanan Publik) di PT. PLN (PERSERO) Area Malang dalam rangka mewujudkan GCG ( Good Corporate Governance ) serta manfaat manfaat yang didapatkan dengan adanya pelaksanaan program ILP (Integritas Layanan Publik) tersebut. Dan pada akhirnya akan mengetahui, mendeskripsikan serta menganalisis kendala apa saja yang dihadapi oleh PT. PLN (PERSERO) Area Malang dalam pelaksanaan program ILP (Integritas Layanan Publik). Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif, dan pendekatannya menggunakan pendekatan deskriptif. Fokus dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program ILP (Integritas Layanan Publik) di PT. PLN (PERSERO) dalam rangka mewujudkan GCG ( Good Corporate Governance ), serta mengetahui manfaat dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ILP (Integritas Layanan Publik) tersebut.. Dari hasil pengamatan peneliti dan wawancara dengan pegawai di PT. PLN (PERSERO) Area Malang, pelaksanaan program ILP (Integritas Layanan Publik) di sana sudah sesuai dengan konsep, nilai, dan prinsip GCG ( Good Corporate Governance )yang tercantum dalam pasal 3 Surat Keputusan Menteri BUMN No. 117/M-MBU/2002 tanggal 31 Juli 2002 tentang Penerapan GCG ( Good Corporate Governance ) pada BUMN, dan manfaat yang didapatkan dengan adanya pelaksanaan program ILP (Integritas Layanan Publik) di PT. PLN (PERSERO) Area Malang antara lain : mengurangi kemungkinan terjadinya korupsi, meningkatkan kualitas pelayanan serta menciptakan citra positif bagi perusahaan. Sedangkan kendala yang dihadapi PT. PLN (PERSERO) Area Malang dalam pelaksanaan program ILP (Integritas Layanan Publik) antara lain : kebiasaan pemberian sejumlah uang/barang sebagai ucapan terima kasih oleh pelanggan setelah akhir pengurusan layanan dan keinginan masyarakat/pelanggan yang ingin segera cepat/instan mendapatkan pelayanan sehingga lebih memilih menggunakan jasa calo daripada mengikuti prosedur yang resmi/benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/558/051204390
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2012 09:10
Last Modified: 18 Oct 2021 16:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115686
[thumbnail of 051204390.pdf]
Preview
Text
051204390.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item