Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban (Responsibility Accounting) Dalam Meningkatkan Pengendalian Biaya Produksi (Studi Pada PT.Pindad Turen)

Suhendra, Teddy (2012) Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban (Responsibility Accounting) Dalam Meningkatkan Pengendalian Biaya Produksi (Studi Pada PT.Pindad Turen). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengendalian biaya yang terjadi pada PT.PINDAD (Persero) Turen-Malang masih banyak kelemahan. Kelemahan itu diantaranya dapat dilihat dari selisih yang besar antara anggaran dan realisasinya, sehingga perlu diketahui apa saja yang menyebabkan selisih realisasi yang begitu besar. Untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan penyimpangan realisasi anggaran maka dapat dikaji lebih dalam apakah perusahaan sudah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam meningkatkan pengendalian biaya produksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada PT.PINDAD (Persero) Turen-Malang. Fokus penelitian yang digunakan yaitu struktur organisasi, anggaran biaya, penggolongan biaya, sistem akuntansi biaya, dan sistem pelaporan biaya. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa struktur organisasi pada PT.PINDAD (Persero) Turen-Malang sudah baik, penyusunan anggaran belum efektif. Sistem akuntansi biayanya belum memenuhi persyaratan untuk diterapkannya suatu pengendalian biaya produksi berdasarkan sistem akuntansi pertanggungjawaban. Laporan pertanggungjawaban yang dibuat tidak mengikut sertakan tingkat manajemen dibawahnya. Selain itu belum adanya kode rekening berdasarkan pusat pertanggungjawaban biaya mengakibatkan tujuan pengendalian biaya dengan sistem akuntansi pertanggungjawaban biaya belum terlaksana dengan baik. PT.PINDAD (Persero) Turen-Malang dalam menyusun anggaran sebaiknya dimulai dari tingkat jenjang manajemen paling bawah sampai ke tingkat jenjang manajemen yang paling atas, sehingga pengendalian biaya dengan sistem akuntansi pertanggungjawaban dapat terlaksana dengan baik. Demikian pula dengan laporan pertanggungjawaban biaya yang dibuat sebaiknya disusun mulai dari tingkatan paling rendah sampai paling tinggi sehingga pengendalian biaya dengan menggunakan sistem akuntansi pertanggungjawaban pada masing–masing pusat biaya dapat terlaksana. Dan Sistem pengkodean akun sebaiknya disesuaikan dengan tingkatan manajemen yang ada dalam struktur organisasi agar memudahkan pengendalian setiap bidang pertanggungjawaban yang ada

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/551/051203640
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Nov 2012 15:35
Last Modified: 18 Oct 2021 16:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115680
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item