Sistem Penjualan Kredit Dan Penerimaan Kas Untuk Mendukung Pengendalian Intern (Studi Pada Dealer Suzuki Tlogomas Malang)

Alisa,MirzaWahyu (2012) Sistem Penjualan Kredit Dan Penerimaan Kas Untuk Mendukung Pengendalian Intern (Studi Pada Dealer Suzuki Tlogomas Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan tidak terlepas dari visi, misi, dan tujuan perusahaan tersebut didirikan, selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah peranan sistem akuntansi yang diberlakukan oleh perusahaan. Salah satu yang menerapkan sistem akuntansi dalam kegiatan usahanya adalah Dealer Suzuki Tlogomas Malang. Pada sistem penjualan kredit dan penerimaan kas pada perusahaan ini dibedakan dalam dua pembiayaan, yaitu secara avalist dan leasing. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk mengetahui pelaksanaan sistem penjualan kredit dan penerimaan kas pada Dealer Suzuki Tlogomas Malang dan yang kedua untuk mengetahui penerapan sistem penjualan kredit dan penerimaan kas yang baik untuk mencapai pengendalian intern pada Dealer Suzuki Tlogomas Malang. Berikut ini tahap-tahap analisis dalam penelitian ini adalah melakukan analisis terhadap sistem penjualan kredit dan penerimaan kas pada Dealer Suzuki Tlogomas yang terdiri dari fungsi-fungsi yang terkait, formulir yang digunakan, dan catatan akuntansi yang digunakan, dan juga melakukan analisis terhadap unsur-unsur pengendalian intern pada Dealer Suzuki Tlogomas yang terdiri dari struktur organisasi, sistem wewenang dan prosedur pencatatan, praktik yang sehat, dan karyawan yang berkualitas. Dari hasil penelitian, terdapat beberapa kelemahan yang terdapat pada sistem penjualan kredit dan penerimaan kas pada Dealer Suzuki Tlogomas. Pertama terjadinya penumpukan tugas pada bagian-bagian yang terkait dalam sistem penjualan kredit dan penerimaan kas. Kedua pemakaian nomor urut tercetak pada formulir masih belum dapat dipertanggungjawabkan oleh bagian yang mengotorisasi. Sebaiknya pada Dealer Suzuki Tlogomas melakukan penambahan karyawan, dan juga pada saat mendokumentasikan formulir sesuai dengan nomor urut tercetaknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/55/051200779
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2012 11:23
Last Modified: 18 Oct 2021 16:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115678
[thumbnail of cover_judul.pdf]
Preview
Text
cover_judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pengasahan.pdf]
Preview
Text
pengasahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item