Dewi, Ratna Sari (2014) Analisis Sistem dan Prosedur Pembayaran PDAM Melalui Pospay Guna Mendukung Pengendalian Intern, (Studi pada Kantor Pos Pusat Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi dari sistem dan prosedur pembayaran PDAM melalui Pospay; (2) pelaksanaan pengendalian intern dari sistem dan prosedur pembayaran PDAM melalui Pospay PT. POS Indonesia Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif research dengan pendekatan kualitatif. Penelitian yang menggunakan dari data primer dan data sekunder, dengan melihat media, informasi, data dan wawancara dengan karyawan, untuk mendapatkan data yang diinginkan. Teknik pengambilan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: sistem dan prosedur yang digunakan PT. POS Indonesia Nganjuk, dalam pembayaran PDAM yang melalui Pospay sangat cepat dan tidak terlalu mengantri lama bagi masyarakat yang akan melakukan pembayaran PDAM. Seluruh masyarakat yang mekakukan pembayaran melalui Pospay, manajer pelayanan wajib menyerahkan laporan data pelanggan yang melakukan pembayaran dan total pembayarannya, dan diserahkan ke kantor PDAM Tirta Dharma Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar pembayaran PDAM diketahui petugas loket dan pelanggan, mengurangi kesalahpahaman antara petugas loket dengan pelanggan dan untuk menjaga kepercayaan pelanggan akan pembayaran PDAM di PT. POS Indonesia Nganjuk.
English Abstract
This study aims to determine: (1) description of the systems and procedures of PDAM’s payment through Pospay; (2) implementation of the internal control systems and procedures for PDAM’s payment through Pospay PT. POS Indonesia Nganjuk. Type of research used in this study was a descriptive reasearch with a qualitative approach. This study uses a primary data and secondary data, by looking at the media, information, data and interviews with the employees to obtain the desired data. Techniques of data collection using interviews and documentation techniques. Data anylisis are using in this study is descriptive analysis. The result of this study note that : the system and procedures used by PT. POS Indonesia Nganjuk, in PDAM’s payment by Pospay system are very quickly and doesn’t need to queud for a long time for the people who will make a PDAM’s payment taps. The entire people are making payments through Pospay, services manager should be submited reports of costumer data who makes payment and the total payment, than submitted to PDAM Tirta Dharma Nganjuk. Based on these result of this study, it is recommended that PDAM’s payment are known by the clerk and customer, in order to reduce misunderstandings between the clerk and the customers also to maintain customer trust againts PDAM’s payment in PT. POS Indonesia Nganjuk.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/549/051407204 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 03 Nov 2014 11:00 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 03:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115677 |
Preview |
Text
SKRIPSI_RATNA_SARI_DEWI_105030201111021.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |