Analisis Strategi Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Pada Pembuatan Izin Tempat Usaha Dalam Rangka Mewujudkan Pelayanan Prima (studi pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Barito Selatan)

Wulandari, AnnisaWahyu (2012) Analisis Strategi Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Pada Pembuatan Izin Tempat Usaha Dalam Rangka Mewujudkan Pelayanan Prima (studi pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Barito Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bergesernya paradigma pelayanan yang semula dari dilayani menjadi melayani, maka Pemerintah Kabupaten/Kota berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, namun kondisi yang ada dengan berbagai keterbatasan seringkali dijadikan alasan sebagai kendala untuk mewujudkan keinginan tersebut. Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Barito Selatan selaku instansi yang memiliki kewenangan dalam melaksanakan Peraturan Daerah maupun Keputusan Daerah khususnya di bidang pelayanan perizinan, menghadirkan pola penyelengaraan pelayanan terpadu satu pintu dimana ada kesederhanaan prosedur dan mekanisme pelayanan yang mengacu pada good governance. Pemerintah daerah berharap hal ini dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Barito Selatan dengan memberikan kemudahan dalam bidang perizinan/non perizinan di satu tempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis strategi dan mengidentifikasikan faktor pendukung dan penghambat Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) pada pembuatan izin tempat usaha di Kabupaten Barito Selatan dalam rangka mewujudkan pelayanan prima. Keberhasilan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Barito Selatan sebagai penyedia pelayanan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang perizinan dipengaruhi oleh 3 (tiga) strategi dalam pengelolaan menajemen pelayanannya di dalam mewujudkan pelayanan prima, yaitu strategi di bidang pendukung sumberdaya, strategi di bidang organisasi, dan strategi di bidang program. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan proses pelayanan prima dalam pembuatan izin tempat usaha terhadap masyarakat di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Barito Selatan sudah terwujud namun masih perlu ditingkatkan, karena strategi di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Barito Selatan dalam mewujudkan pelayanan prima menghadapi beberapa kendala sehingga diperlukannya suatu tindakkan untuk meminimalisir tingkat ketidakpuasan masyarakat terutama pelaku dunia usaha terhadap pelayanan perizinan izin tempat usaha yang diberikan oleh KPPT Kab. Barito Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/549/051203638
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Dec 2012 10:07
Last Modified: 18 Oct 2021 16:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115676
[thumbnail of BAB_I,_II,_III,_IV,_V.pdf]
Preview
Text
BAB_I,_II,_III,_IV,_V.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item