DaudYahyaAdi (2012) Pengaruh Psikologis terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Mahasiswa S1 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang pernah membeli dan (atau) memiliki H. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan secara bersama-sama dan parsial pengaruh psikologis yang terdiri dari variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian dan sikap serta mengetahui variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian handphone BlackBerry. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yaitu penelitian yang menjelaskan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis”. Pengujian hipotesis merupakan pengujian pengaruh antara dua variabel atau lebih, untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepribadian (X4), dan Sikap (X5) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 38,510 dengan Signifikansi F sebesar 0,000 (p<0,05) serta nilai Adjusted R Square sebesar 0,656. Dalam analisis regresi secara parsial variabel bebas yang terdiri dari Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepribadian (X4), dan Sikap (X5) semua variabel mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y). Variabel yang berpengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) adalah Variabel Kepribadian (X4), dapat dibuktikan dengan besarnya koefisien beta sebesar 0,361 dengan nilai thitung sebesar 2,497 dan probabilitas sebesar 0,014 (p<0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara variabel-variabel Psikologis yang terdiri dari Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepribadian (X4), dan Sikap (X5) terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Dalam analisis regresi secara parsial variabel bebas yang terdiri dari Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepribadian (X4), dan Sikap (X5) semua variabel mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y). Variabel yang berpengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) adalah Variabel Kepribadian (X4)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/527/051203616 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 11 Dec 2012 09:09 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 15:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115653 |
Preview |
Text
12._BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
13._BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
14._BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
15._BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
16._BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |