Astuti, NurinaFebri (2012) Pengaruh Citra Perusahaan, Citra Produk, Citra Pengguna Terhadap Sikap Afektif, Sikap Kognitif dan Keputusan Pembelian (Survai pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administasi Angkatan 2009-2010 Universitas B. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Melalui Brand Image yang baik, maka dapat menimbulkan persepsi pada diri konsumen, dimana dapat ditunjukkan melalui sikap afektif dan kognitif yang terdiri dari sebuah penilaian, kepercayaan dan keyakinan dari suatu obyek sehingga dapat memutuskan sebuah pembelian. Berdasarkan uraian diatas rumusan masalah ini adalah 1). Apakah Citra Perusahaan berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian? 2). Apakah Citra Produk berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian? 3). Apakah Citra Pengguna berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian? 4). Apakah Citra Perusahaan berpengaruh positif terhadap Sikap Afektif? 5). Apakah Citra Produk berpengaruh positif terhadap Sikap Afektif? 6). Apakah Citra Pengguna berpengaruh positif terhadap Sikap Afektif? 7). Apakah Citra Perusahaan berpengaruh positif terhadap Sikap Kognitif? 8). Apakah Citra Produk berpengaruh positif terhadap Sikap Kognitif? 9). Apakah Citra Pengguna berpengaruh positif terhadap Sikap Kognitif? 10). Apakah Sikap Afektif berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian? 11). Apakah Sikap Kognitif berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian?. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Mengetahui dan Menganalisis Citra Perusahaan berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian, 2). Mengetahui dan menganalisis Citra Produk berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian, 3). Mengetahui dan menganalisis Citra Pengguna berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian, 4). Mengetahui dan menganalisis Citra Perusahaan berpengaruh positif terhadap Sikap Afektif, 5) Mengetahui Citra Produk berpengaruh positif terhadap Sikap Afektif, 6) Mengetahui Citra Pengguna berpengaruh positif terhadap Sikap Afektif, 7) Mengtahui Citra Perusahaan berpengaruh positif terhadap Sikap Kognitif, 8) Mengetahui Citra Produk berpengaruh positif terhadap Sikap Kognitif, 9) Citra Pengguna berpengaruh positif terhadap Sikap Kognitif, 10) Mengetahui Sikap Afektif berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian, 11) Mengetahui Sikap Kognitif berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, yaitu : penelitian penjelasan yang menguji hipotesis pengaruh Citra Perusahaan (X1), Citra Produk (X2), Citra Pengguna (X3) terhadap Sikap Afektif (Z1), Sikap Kognitif (Z2) dan Keptusan Pembelian (Y). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang pada Mahasiswa angkatan 2009-2010. Dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sample bertujuan dilakukan dengan cara ii mengambil subyek bukan didasarkan atas strata, random, atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu.. Pengambilan sampel menggunakan rumus Machin. Metode pengumpulan data dengan kuisioner dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan mengambil responden sebanyak 112 responden Mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh yang signifikan bahwa variabel Citra Perusahaan (X1), Citra Produk (X2), Citra Pengguna (X3) memiliki pengaruh secara langsung terhadap Sikap Afektif (Z1). Ini dibuktikan dengan besarnya angka R square (R2) sebesar 0,551, selain itu probalitas (0,000) < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan apabila diuji dengan secara keseluruhan hasilnya menunjukan signifikan. Variabel Citra Perusahaan (X1), Citra Produk (X2), Citra Pengguna (X3) memiliki pengaruh secara langsung terhadap Sikap Kognitif (Z2). Ini dibuktikan dengan besarnya angka R square (R2) sebesar 0,511, selain itu probalitas (0,000) < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan apabila diuji dengan secara keseluruhan hasilnya menunjukan signifikan. Selain itu, pengaruh variabel Citra Perusahaan (X1), Citra Produk (X2), Citra Pengguna (X3) dan Sikap Afektif (Z1), Sikap Kognitif (Z2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) ini dibuktikan dengan besarnya Koefisien determinasi sebesar 0,611. Artinya pengaruh variabel citra dan sikap terhadap variabel Keputusan Pembelian adalah 61,1% dan pengaruhnya signifikan dengan dibuktikan oleh angka probabilitas 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Citra Perusahaan, Citra Produk, Citra Pengguna mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Sikap Afektif. Citra Perusahaan, Citra Produk, Citra Pengguna mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Sikap Kognitif.Serta Citra Perusahaan, Citra Produk, Citra Pengguna, Sikap Afektif, Sikap Kognitif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa kajian tentang Citra Perusahaan, Citra Produk, Citra Pengguna, Sikap Afektif, Sikap Kognitif dan Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Pengguna Samsung Android sesuai dengan dasar-dasar teoritis. Atas temuan yang dicapai disarankan kepada pihak perusahaan Samsung Android dapat mempertahankan serta meningkatkan Kegunaan produk Samsung Andorid agar sikap Afektifnya bertambah, karena variabel sikap afektif mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Serta menambah fitur dan berbagai macam aplikasi agar konsumen tertarik dan nyaman untuk menggunakannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/522/051203611 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 04 Dec 2012 09:38 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 15:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115650 |
Preview |
Text
bab_1-3_(2).pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_4-5.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |